Susul Daging Ayam, Cabai Rawit dan Tomat Naik Akhir Tahun

Probolinggo – Sejumlah komoditas menjelang akhir tahun terpantau naik. Di Pasar Dringu, cabai rawit, tomat dan daging ayam sudah naik. Hal ini karena kebutuhan pembeli akan komoditas ini sedang meningkat.

Komoditas yang sudah naik yakni cabai rawit yang saat ini harganya Rp35 ribu per kilogram (kg) dari sebelumnnya Rp20 ribu per kg. Tomat yang saat ini Rp8 ribu dari sebelumnya Rp5 ribu per kg.

Selanjutnya daging ayam saat ini Rp32 ribu dari sebelumnya Rp28 ribu per kg.

“Dari pantauan kami, cabai rawit dan tomat yang kenaikannya tinggi. Sedangkan untuk komoditas lain masih terbilang landai,” ujar Kepala Pasar Dringu, Sutaman Efendi.

Masih menurut Sutaman, kenaikan harga komodits ini karena memang kebutuhan konsumen yang juga meningkat, khususnya pada komoditas bumbu dapur, yakni cabai dan tomat.

Sedangkan untuk pembeli daging, khususnya daging ayam sepi. Di sisi lain stok daging ayam pedagang banyak, sehingga daging ayam yang di jual pedagang masih sisa banyak.

“Diprediksi untuk cabai dan tomat ini akan terus naik mengingat di musim penghujan saat ini petani jarang menanam cabai dan tomat. Delain dua komoditas itu, harga ikan juga ikut naik akibat cuaca buruk,” imbuh Sutaman.

Selain komoditas-komoditas tersebut, harga sejumlah komoditas terpantau fluktuatif. Seperti telur ayam yang saat ini Rp30 ribu per kg, daging sapi yang saat ini Rp120 ribu, per kg, serta komoditas lain yang dijual pedagang. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Pedagang Bendera Musiman Menjamur, Raup Keuntungan hingga Rp3 Juta

Baca Juga

Beli Gas LPG 3Kg Harus Pakai KTP, Warga Probolinggo Meradang

Probolinggo,- Pemerintah berencana memberlakukan aturan penjualan elpiji 3 kg atau gas melon hanya bisa dilakukan …