Lewat Dana Cukai, Kelompok Disabilitas Lumajang Dibekali Pelatihan Tataboga

Lumajang,- Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di Kabupaten Lumajang, tidak hanya dirasakan oleh para pelaku usaha tembakau saja. Para penyandang disabilitas pun kecipratan dana hasil cukai tersebut.

Seperti yang terlihat di kantor Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang. Sebanyak 20 orang penyandang disabilitas menerima program pelatihan kerja yang didanai dari DBHCHT 2022.

Pelatihan kerja yang diterima para penyandang disabilitas ini adalah pelatihan tataboga atau memasak. Para peserta berasal dari sejumlah desa di Kecamatan Yosowilangun.

Harapannya, peserta pelatihan dengan keterbatasan fisik yang dimiliki bisa tetap produktif dan mandiri secara ekonomi melalui usaha rumahan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Lumajang Rosyidah mengatakan, selain menambah keterampilan, pelatihan tersebut diharapkan mampu mendongkrak potensi lokal, baik yang sudah berjalan maupun usaha baru.

“Ini merupakan upaya penyerapan tenaga kerja pada sektor informal, juga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pengembangan potensi daerah,” kata Rosyidah, Rabu (30/11/2022).

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menyampaikan, selain mendapatkan ilmu dan pengalaman, para peserta yang mengikuti pelatihan akan mendapatkan sertifikat resmi dari Balai Latihan Kerja (BLK).

Sertifikat itu menjadi legitimasi penguat bahwa yang bersangkutan telah memiliki satu keterampilan mumpuni. Sehingga, peluang untuk memperoleh pekerjaan bisa diakses dengan sertifikat tersebut.

“Sertifikat ini membuktikan yang bersangkutan sudah melalui pelatihan resmi dari BLK dan sertifikat itu akan menunjukkan kemampuan setiap peserta,” terang Indah.

Wakil Bupati yang akrab disapa Bunda Indah menambahkan, pelatihan kerja ini menjadi salah satu upaya pemerintah mengatasi tantangan krisis ekonomi yang dipredisi akan terjadi tahun 2023.

“Tantangan ekonomi kita kedepan sangat berat, kita upayakan agar masyarakat kita ini bisa mandiri secara ekonomi,” tukas Bunda Indah. (*)

Baca Juga  Erupsi Gunung Semeru jadi Skala Prioritas Penanganan Bencana Alam di Lumajang

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Berkah Ramadan, Penjualan Bandeng Jelak di Pasuruan Meroket

Pasuruan,- Bulan Ramadan menjadi berkah tersendiri bagi para penjual olahan bandeng jelak di Kelurahan Blandongan, …