Hari Pertama Dibuka, 37 Orang di Kota Probolinggo Daftar PPK

Probolinggo – Pendaftaran calon anggota badan ad hoc KPU Kota Probolinggo resmi dibuka sejak Minggu kemarin (21/11/2022). KPU berharap, dengan telah dibukanya pendaftaran ini, banyak warga Kota Probolinggo yang mendaftar.

Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih), Partisipsi Masyarakat (Parmas), dan Sumber Daya Manusia (SDM), Radfan Faisal mengatakan, pembentukan badan ad hoc untuk kebutuhan Pemilu 2024 ini merujuk pada Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022, tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024.

“Untuk pendaftaran badan ad hoc yakni kebutuhan PPK dan PPS, sejak Minggu kemarin resmi dibuka. Sehari setelah dibuka, sudah ada pendaftar yang masuk,” ujarnya Senin (21/11/22).

Untuk mendaftar menjadi anggota badan adhoc cukup mudah yakni, pelamar memasukkan persyaratan ke Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA). Dengan menggunakan aplikasi ini para pelamar dipermudah dan tidak usah datang ke kantor KPU.

Sampai Minggu pukul 19.00, total sudah ada 37 pendaftar. Terinci dari Kecamatan Kademangan berjumlah 7 orang, Kecamatan Wonoasih 5 orang, Kecamatan Mayangan 14 orang, Kecamatan Kanigaran 7 orang, dan Kecamatan Kedopok 4 orang.

Nantinya setelah tahapan pendaftaran, tahapan selanjutnya yakni penerimaan pendaftaran, seleksi, wawancara, dan pengumuman hasil seleksi, hingga penetalan dan pelantikan.

“Jika dilihat dari jumlah pendaftar hari pertama, diprediksi jumlah pendaftar badan adhoc akan tinggi, mengingat antusias masyarakat untuk keterlibatan dalam tahapan pemilu sebagai penyelenggara,” ujarnya.

Dengan telah dibukanya pendaftaran badan adhoc, KPU berharap, warga Kota Probolinggo yang telah memenuhi syarat untuk mendaftar.

“Semakin banyak pendaftar badan adhoc semakin baik, itu harapan kita,” imbuh Radfan. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Antisipasi Kerawanan Jelang Pilkada, Anggota Linmas Jalani Pelatihan

Baca Juga

KPU Resmi Buka Pendaftaran PPK Pemilukada, Cek Persyaratannya Disini

Probolinggo,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo resmi membuka pendaftaran badan adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan …