Puting-beliung Sapu Jatiroto Lumajang, 7 Rumah Porak-poranda

Lumajang,- Pemukiman warga di Dusun Ranupakis, Desa Kaliboto Kidul, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang, diporak-porandakan angin puting beliung, Rabu (16/11/2022) sekira pukul 13.00 WIB.

Akibat kejadian itu, 7 rumah warga rusak. ATembok dan atap rumah warga tersapu angin hingga berterbangan dan berserakan.

hal itu dirasakan oleh Nurhasanah, salah satu korban yang atap rumahnya diporak-porandakan oleh angin puting beliung.

Warga Desa Kaliboto Kidul, Nur Hasanah menyampaikan, musibah itu diawali dengan hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Jatiroto.

Setelah lebih dari satu jam, tiba-tiba angin kencang dari arah utara menghantam dan merusak bagian tembok dan atap rumahnya.

Kerusakan rumah warga rata-rata terjadi dibagian atap dan tembok. Sejumlah pohon tumbang akibat tidak kuat dengan terpaan angin puting beliung.

Warga pun hanya bisa pasrah saat kejadian, lantaran tak ada pilihan lain selain menetap di rumahnya. Di saat bersamaan, hujan mulai reda.

“Hujan habis itu ada petir dan sama angin-anginnya mas, saya di dalam mau keluar takut soalnya ada petir dan asbesnya berterbangan, yang parah 6 ini mas, kerusakan di depan, dapur dan dinding mas terutama di bagian atap mas,” katanya.

Sementara itu, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, yang datang ke lokasi langsung melakukan asesment kendaraan terhadap dampak cuaca ekstrem tersebut.

Petugas juga membantu warga membersihkan puing-puing rumah yang rusak. Meski dtidak ada korban jiwa, namun peristiwa tersebut, para korban ditaksir mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

“Jadi sebelum ada angin ini di dahului dengan hujan sejak pukul 13.00 dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai dengan angin,” ujarnya.

Ia menghimbau, agar warga meningkatkan kewaspadaannya. Sebab, dalam satu minggu ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas tinggi diwilayah Kabupaten Lumajang. (*) 

Baca Juga  Lagi, Teror Bakar Mobil Terjadi di Probolinggo

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Truk Vs Truk Tabrakan di Jalur Pantura Bangil, Sopir Kritis

Pasuruan,- Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur pantura Raci, tepatnya di depan Pengadilan Agama (PA) …