Antisipasi Banjir, Saluran Air Pakis di Triwung Kidul Dikeruk

Probolinggo – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Pemukimam (PUPRPKP) Kita Probolinggo menormalisasi saluran air (drainase) Pakis, Kelurahan Triwung Kidul. Hal itu untuk mengantisipasi banjir di Kota Probolinggo saat memasuki musim hujan.

Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin meninjau langsung pengerukan saluran drainase tersebut, Senin (10/10/2022). Dengan menggunakan sebuah eskavator dan satu unit dump truck, normalisasi saluran air sepanjang 500 meter tersebut meliputi pengangkatan sedimentasi lumpur, pembersihan gulma, dan sampah, serta pembuatan tanggul.

“Normalisasi ini kami lakukan karena menurut warga sekitar saluran air Pakis ini sering meluap saat hujan lebat. Sehingga saya minta kepada PUPRPKP pada hari ini melakukan normalisasi,” ujar walikota.

Untuk menguatkan struktur tanggul di sepanjang saluran air, PUPRPKP juga memanfaatkan hasil pengerukan sedimen lumpur untuk digunakan menutup tanggul-tanggul yang jebol, karena dari hasil survei, sepanjang saluran air ditemukan tanggul yang jebol.

“Berkaca dari kejadian dan daerah lain, saya mengimbau kepada warga Kota Probolinggo untuk kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar mengingat saat ini sudah masuk musim penghujan,” imbuh walikota.

Sementara, Kepala PUPRPKP, Setyorini Sayekti mengatakan, normalisasi saluran air, atau sungai tak hanya di lakukan di Triwung Kidul. Namun juga akan dilakukan di lokasi lain yang merupakan prioritas untuk mengantisipasi banjir.

“Kamj sudah membuat skala prioritas saluran-saluran mana saja yang akan sangat terdampak ketika ada volume air ini meningkat, sehingga dapat kami prioritaskan, salah satunya saluran air Pakis,” ujarnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …