Bakar Sampah, Rumpun Bambu Terbakar Nyaris Sambar Rumah

Probolinggo – Rumpun bambu (barongan) di Kelurahan Curahgrinting, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo terbakar, Selasa (4/11/2022). Kobaran api pun yang hampir mengenai rumah ini diduga ada warga yang membakar sampah.

Kebakaran rumpun bambu ini pertama kali di ketahui Sri Pujiati (46), warga yang rumahnya berdekatan. Sekitar pukul 10.00, ia mendengar suara letupan di samping rumahnya. Setelah dicek ternyata rumpun bambu tepat di barat rumahnya terbakar.

“Saat saya cek, api sudah membesar dan membakar hampir semua rumpun bambu. Karena kawatir, saya minta tolong warga, yang kemudian melakukan penyiraman dengan air seadanya,” ujarnya.

Tak beberapa lama, satu unit mobil Damkar milik Pemkot Probolinggo tiba dan langsung melakukan pemadaman. Begitu rapat dan besarnya rumpun bambu yang terbakar, petugas sampai dua kali melakukan penyemprotan.

Tak sampai satu jam, api yang membakar rumpun bambu dan hampir mengenai rumah Sri Pujiati yang berada di timur rumpun berhasil dipadamkan.

Kasi Damkar Pemkot Probolinggo, Abdullah mengatakan, setelah mendapat laporan, pihaknya menerjunkan satu unit mobil damkar. Setelah tiba di lokasi, petugas langsung melakukan pemadaman.

“Informasi awal dari warga, kebakaran rumpun bambu ini diduga karena sebelumnya ada salah seorang warga yang bakar sampah, kemudian ditinggal pergi. Sehingga api menjalar dan membakar rumpun bambu, dan alhamdulillah api dapat seger di pandamkan,” ujarnya.

Petugas tak henti-hentinya mengimbau kepada warga untuk tidak membakar sampah, apalagi di saat musim angin seperti saat ini. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Kebuli Mangga, Kuliner Langka nan Lezat Khas Kota Probolinggo

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …