Saat Pencaker di Lumajang Dilatih Keterampilan Olah Makanan

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang terus berupaya meningkatkan kapasitas para pencari kerja (pencaker). Salah satu caranya, dengan memberikan pendidikan dan pelatihan untuk mengasah keterampilan.

Terbaru, Pemkab Lumajang memberikan pelatihan keterampilan kepada 20 orang pencari kerja Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lumajang, Senin (3/10/2022) kemarin.

“Pelatihan ini, diselengarakan selama 15 hari ke depan, yang dialokasikan dari DBHCHT Kabupaten Lumajang, dengan sasaran para pencari kerja berdasarkan klaster kompetisi,” Kepala Disnaker Kabupaten Lumajang, Rosyidah, Selasa (4/9/2022).

Menurut Rosyidah, dengan adanya pelatihan peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) bagi para pencari kerja, mereka akan miliki kompetensi dan sekaligus mampu bersaing di dunia usaha.

“Harapan kami bisa mencetak tenaga kerja yang kompeten, berbeda dengan pelatihan sebelumnya, pelatihan kali ini ada sertifikat komptensi bila lulus dari lembaga penguji nanti,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelatihan Kerja Disnaker Kabupaten Lumajang, Siswanto menjelaskan, kegiatan tersebut diikuti oleh buruh tani tembakau, buruh pabrik rokok yang diputus kontrak kerjanya.

“Selain itu, pelatihan diikuti oleh masyarakat yang telah diatur dengan peraturan bupati,” papar Siswanto.

Ia menambahkan, para pencaker harus bisa memanfaatkan pelatihan tersebut. Sebab pelatihan itu merupakan upaya untuk memfasilitasi masyarakat dalam meningkatkan potensi yang sudah dimiliki.

“Mendorong peningkatan ekonomi masyarakat melalui potensi masyarakat,” pungkas Siswanto singkat. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Pengesahan P-APBD Usai, Anggota Dewan Pelesir ke Bali 

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …