LAKA: Kondisi bus pasca menabrak truk kontainer. Sopir truk kontainer yang tewas dalam kejadian. (insert)

Ngeban di Bahu Jalan, Kontainer Disasak Bus, Sopir Meninggal

Probolinggo,- Kecelakaan terjadi di jalur pantura Probolinggo, tepatnya di jalan raya Desa Tambakrejo, Kecamatan Tongas, Sabtu (15/07/23), sekitar 19.30 WIB. Bus Borobudur Indah yang melaju dari arah barat menabrak truk trailer yang sedang perbaikan di bahu jalan.

Kecelakaan bermula saat truk trailer dengan nomor polisi B 9079 BEH, sedang perbaikan di bahu jalan sisi utara. Kendaraan besar nan panjang ini disopiri oleh Abdul Wahab (40), warga Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember.

Tiba-tiba dari arah belakang, muncul bus Borobudur Indah berplat P 7041 UG, yang disopiri Dul Mukti (60), warga Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember. Bus menabrak bagian belakang truk.

Sopir trailer yang berada di bagian belakang bawah truk, akhirnya tewas usai terlindas bagian depan roda bus.

“Saat itu, sopir sedang ngeban, dan tiba-tiba dari arah barat, ada bus menabrak bagian belakang trailer hingga trailer bergerak maju. Kebetulan sopir ada dibawah truk sehingga langsung terlindas,” ujar saksi kejadian, Abdul Latif.

Hal senada di sampaikan sopir bus Borobudur Indah, Dul Mukti, ia mengaku sesaat sebelum kejadian, bus melaju pelan usai menurunkan penumpang di Pasar Nguling, Pasuruan.

Namun sesampainya di Tempat Kejadian Perkara (TKP), ia kaget melihat ada truk trailer berhenti di bahu jalan. Lantaran jarak sudah terlalu dekat, tabrakan pun tak terhindarkan.

“Setelah menurunkan penumpang saya berjalan pelan dengan mengangkut 25 penumpang. Namun saat mendekati lokasi,ada truk trailer parkir, karena jarak terlalu dekat dan tidak ada tanda, bus langsung menabrak bagian belakang trailer,” ujarnya.

Petugas Unit Laka Satlantas Polres Probolinggi Kota yang datang usai mendapat laporan, mengevakuasi korban meninggal ke RSUD Tongas. Olah TKP dan mengumpulkan informasi dari saksi juga dilakukan oleh kepolisian.

Baca Juga  Polisi Temukan Mobil Daood 'Debu' Sempat Ngerem 

“Dugaan sementara, karena truk trailer saat perbaikan tidak memasang tanda, maka bus dari arah barat langsung menabrak trailer yang sedang parkir. Untuk mengetahui penyebab pasti, kecelakaan ini masih kita dalami,” beber Kanit Gakkum Satlantas Polres Probolinggo Kota, Iptu Kumoro.

Selain satu orang meninggal, petaka ini juga menyebabkan kerusakan pada bagian depan bus Borobudur Indah dan ringsek pada bagian belakang truk kontainer. (*)

 

 

Editor Mohamad S

Publisher Zainul Hasan R

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …