Tragedi Kanjuruhan, Ribuan Pelajar Madrasah Gelar Salat Ghaib

Probolinggo,- Aksi simpatik dan dukungan moril terus mengalir untuk korban Tragedi Kanjuruhan. Kali ini dilakukan ribuan pelajar dibawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo.

Sedikitnya, 84.565 pelajar SMA/MA dan yang sederajat di Kabupaten Probolinggo, menggelar salat ghaib dan tahlil di MAN 2 Pajarakan, Senin (3/10/22).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo, Achmad Seruji Bachtiar mengatakan, selain di MAN 2 Pajarakan, pelaksanaan salat ghaib dan tahlil juga dilakukan secara serentak oleh seluruh madrasah yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Kita menginstruksikan kepada semua madrasah yang ada di Kabupaten Probolinggo untuk melaksanakan salat ghaib dan tahlil nersama untuk para korban Tragedi Kanjuruhan yang meninggal dunia,” kata Bachtiar.

Menurut Bachtiar, sudah sewajarnya sesama anak bangsa saling mendoakan jika salah satu pihak tertimpa musibah. Apalagi dengan jumlah korban jiwa yang mencapai ratusan orang.

“Mendoakan seluruh saudara-saudara kita yg meninggal semoga amalnya diterima, segala salah dan khilaf diampuni. Mudah-mudahan diberikan kesabaran dan ketabahan menghadapi musibah ini,” ucapnya.

Ia berharap, kedepan ada evaluasi pasca insiden ini. Pertandingan sepak bola dari berbagai tingkatan, agar diperketat keamanannya dan panitia pertandingan lebih sigap melihat potensi kericuhan.

“Harapannya semoga dalam pertandingan sepak bola kedepan ada perbaikan sistem penyelenggaraan kompetisi, perbaikan sitem pengamanan, dan peningkatan kualitas sarana prasarana. Sehingga pemain, penonton, dan berbagai pihak lainnya di stadion merasa aman dan nyaman saat menonton pertandingan,” pungkasnya.

Diketahui, Tragedi Kanjuruhan terjadi usai Arema Malang meladeni Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1, Sabtu (1/10/22) malam.

Ratusan penonton memasuki lapangan sehingga petugas keamanan terpaksa mengeluarkan tembakan gas air mata. Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, sebanyak 131 orang meninggal dan ratusan orang luka-luka. (*)

Baca Juga  Kemenag Probolinggo Bakal Tunda Tunjangan Guru Jika Tak Vaksinasi

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Diikuti Ratusan Pelajar se-Jawa Timur, Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa Berlangsung Meriah

Probolinggo,- Gelaran Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa (Exfesh) di lingkungan Pesantren Zainul Hasan (PZH) …