Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo.

PPDB Kota Probolinggo Dibuka Juni, Jalur Pemenuhan Pagu Ditiadakan

Probolinggo – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo akan melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada bulan Juni. Dalam PPBD tahun ini, Disdikbud Kota Probolinggo menghapus jalur pemenuhan pagu.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Siti Romlah, mengatakan, pada tahun 2023, PPDB untuk Kota Probolinggo mulai dibuka pada Selasa (13/06/23). Selain itu, ada beberapa jalur pendaftaran peserta didik baru mulai dari jalur prestasi, jalur afirmasi, dan jalur zonasi.

“Pada PPDB pada tahun ini, tak jauh beda dengan tahun lalu, yang mana ada beberapa jalur, mulai jalur prestasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua, dan zonasi. Namun untuk jalur pemenuhan pagu pada tahun ini ditiadakan,” ujarnya, Rabu (31/5/2023).

Untuk jadwal PPDB sendiri, mulai dibuaka pada tanggal 13 Juni, dengan diawali dari jalur prestasi, afirmasi, dan kepindahan tugas. Untuk pendaftaran jalur prestasi calon siswa bisa menggunakan prestasi akademik, perlombaan akademik, olahraga, dan kesenian, serta hafidz Al-Qur’an atau penghafal Al-Qur’an.

Untuk jalur afirmasi sendiri terbagi menjadi dua, yakni afirmasi ekonomi yakni bagi calon siswa yang tidak mampu, serta afirmasi bagi calon siswa yang bekebutuhan khusus. Sementara, untuk jalur kepindahan tugas digunakan bagi calon siswa yang orangtuanya pindah tugas ke daerah lain.

“Selanjutnya, untuk jalur zonasi pada tahun ini, kuotanya terbuka sebesar 80 persen untuk tingkat SD, dan kuota 60 persen untuk tingkat SMP, sementara untuk teknisnya terekam di sistem nanti, sehingga perhitungan tempat tinggal calon siswa dekat dengan sekolah atau tidak sistemlah yang akan memprosesnya,” ujarnya.

Untuk tahapan PPDB ini telah dimulai sejak Senin (15/05/23), yang mana operator sekolah mendata jumlah lulusan SD/MI dan TK/RA hingga Rabu (31/5/23). Untuk jumlah lulusan SD/MI negeri dan swasta ini diperkirakan mencapai 4.300 siswa.

Baca Juga  Media Online Jadi Referensi Generasi Milenial

Sedangkan untuk kuota penerimaan SMP negeri mencapai 2.118 kuota, sisanya dapat memilih SMP swasta.

“Nantinya PPDB ini dari jalur prestasi hingga zonasi sudah terjadwal, dimulai Selasa (13/06/23), hingga jalur zonasi untuk SD/MI yang pendaftarannya dibuka Selasa (20/06/23) hingga Kamis (23/06/23). Sedangkan untuk SMP dibuka mulai Senin (3/07/23) hingga Kamis (6/07/23),” imbuh Siti Romlah.

Dengan adanya informasi PPDB ini, para orangtua dapat mempersiapkan anaknya untuk bisa bersekolah di sekolah negeri. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Kelayapan di Warkop, 27 Pelajar di Kota Pasuruan Digulung Satpol PP

Pasuruan,- Puluhan pelajar terjaring razia Satuan Polisi (Satpol PP) Kota Pasuruan, Senin (29/1/2024) pagi. Para …