Besok, Festival Al-Banjari se Jawa Timur Digelar di Rangkang

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Berbagai elemen masyarakat, khususnya kalangan santri dan pesantren menyambut meriah Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober. Ragam cara pun dilakukan untuk menyambut dan memeriahkan hari santri.

Tak terkecuali Pondok Pesantren Syeh Abdul Qodir Al Jailani (SAQO) di Desa Rangkang, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Ponpes ini menggelar Festival Al-Banjari se Jawa Timur dalam rangka menyambut HSN 2019, pada Minggu (20/10).

Ketua Panitia Herman Felani menjelaskan, Festival Al-Banjari se Jawa Timur yang digelar di Ponpes SAQO merupakan festival perdana. Sebelumnya, Ponpes SAQO hanya menggelar festival Al-Banjari tingkat kabupaten.

“Ini merupakan kegiatan pertama kami ditingkat Jawa Timur. Alhamdulillah antusiasme peserta sangat baik, hingga saat ini sudah ada 47 peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur yang siap bersaing menjadi yang terbaik dalam festival besok,” jelas Herman, Sabtu (19/10).

Pihaknya, imbuh Herman, tak main-main dalam festival tersebut. Selain mendatangkan tiga orang juri profesional level Jawa Timur, panitia telah mempersiapkan festival musik tradisional islam tersebut dengan sangat matang.

“Startnya besok sekitar pukul 10.00 Wib, estimasi kami rangkaian kegiatan akan selesai pada pukul 24.00 Wib,” ia menjelaskan.

Dikatakan Herman, Ponpes SAQO sengaja menggelar festival Al-Banjari untuk mengukuhkan musik tersebut di kalangan masyarakat, khususnya di lingkungan pesantren. “Untuk menyambut hari santri sekaligus mempopulerkan grup musik al-banjari,” ujarnya.

Bagi pemenang lomba, lanjut Herman, panitia menyiapkan hadiah berupa uang tunai, sertifikat dan piagam penghargaan. Juara pertama akan memperoleh hadiah uang Rp. 3,5 juta dan juara kedua diganjar Rp. 2,5 juta.

“Sementara juara ketiga, hadiahnya Rp. 1,5 juta. Selain itu, ada juga juara harapan satu sampai dengan juara harapan tiga serta best single,” tandas Herman. (*)

Baca Juga  Saat Anak-anak TK Muslimat NU Lereng Semeru Dikenalkan dengan Mitigasi Kebencanaan


Penulis : Moh. Ahsan Faradies
Editor : Efendi Muhammad


Baca Juga

Top! Wakili Indonesia, 3 Santri MA Zainul Hasan Genggong Raih Merit Award di Thailand

Probolinggo,- Prestasi membanggakan ditorehkan tiga santri Madrasah Aliyah (MA) Zainul Hasan 1 Genggong Pajarakan Probolinggo …