Biar Cantik, Pepohonan di Jalan Protokol Dipotong Poni

Probolinggo – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo mengantisipasi dampak bencana saat musim hujan agar tak terjadi pohon tumbang. Yang menarik, DLH menerapkan pemotongan atau pengeprasan pohon di sejumlah jalan protokol Kota Probolinggo dengan cara poni pohon.

Metode poni pohon ini yakni memotong bagian teratas pohon, serta merapikan bagian ranting pohon.

“Metode pemotongan pohon dengan metode poni ini cocok dilakukan pada pohon yang berumur tua yang banyak tersebar di Kota Probolinggo, sehingga jika terjadi angin kencang, pohon yang sudah di potong poni tidak akan roboh,” ujar Kabid Konservasi dan Pertamanan DLH Kota Probolinggo, Suciati Ningsih, Senin (3/10/2022).

Pemotongan pohon dengan metode poni ini juga memperindah saat pohon tersebut tumbuh kembali. Selain pohon akan semakin rindang, juga pertumbuhan antara satu pohon dengan pohon lain yang dipotong metode poni juga akan sama tingginya sehingga terlihat indah.

Metode potong poni oleh DLH ini sudah dilakukan pada beberapa pohon di sejumlah ruas jalan di Kota Probolinggo. Antara lain di Jalan Pahlawan, Jalan Panglima Sudirman, dan ruas jalan lain.

DLH sendiri belajar metode pemotongan pohon poni saat berkunjung ke Surabaya. Sehingga pohon- pohon yang ada di sepanjang jalan protokol tingginya sama dan juga rindang.

“Metode ini cocok diterapkan saat peralihan musim kemarau ke hujan sehingga ketika musim hujan telah usai, perrumbuhan pohon akan bagus dan mempercantik kota,” kata Suciati. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Jalan ke Seruni Point Rusak, Ini Langkah Pemkab Probolinggo

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …