Tingkatkan Pemahaman Mitigasi Kebencanaan, BPBD Lumajang Sasar Sekolah

Lumajang,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang melakukan sosialisasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di SMA Candipuro, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Kamis (29/9/22).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi mengatakan, SPAB ini dibentuk untuk memperkuat pemahaman terhadap ancaman bencana bagi warga yang yang berada di kawasan rawan bencana.

“Yang kita inginkan dari tingkat masyarakat dan pendidik atau pelajar agar memahami tentang bagaimana penanggulangan bencana di tempat mereka,” kata Patria.

Menurutnya, sosialisasi SPAB itu dalam upaya memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap masyarakat yang berada di kawasan rawan bencana.

Sosialisasi ini, imbuhnya, merupakan bentuk peningkatan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dan kearifan lokal untuk pengurangan risiko bencana di wilayahLumajang.

“Sejak bulan Januari kemarin sudah kita lakukan mitigasi, sosialisasi, koordinasi, informasi, dan edukasi,” beber dia.

Dalam memasuki musim hujan saat ini, pihaknya telah memberikan sosialisasi kepada masyarakat sebagai upaya meminimalkan dampak bencana serta berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait.

Sejauh ini, lanjut Patria, pemahaman masyarakat terhadap mitigasi kebencanaan dinilai masih rendah. Oleh sebab itu, pihaknya terus mengingatkan warga agar selalu meningkatkan kewaspadaan akan adanya banjir maupun lahar Gunung Semeru.

“Bukan hanya BPBD saja, melainkan stakeholder (pemangku kepentingan) yang lain, perangkat desa, termasuk media harus melakukan mitigasi bencana terhadap masyarakat,” pungkasnya. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publiher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Miris!! 5 Remaja Perempuan Di Kota Probolinggo Aniaya Pelajar

Baca Juga

Diikuti Ratusan Pelajar se-Jawa Timur, Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa Berlangsung Meriah

Probolinggo,- Gelaran Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa (Exfesh) di lingkungan Pesantren Zainul Hasan (PZH) …