Capai 72,2%, Dinkes Targetkan 1928 Nakes Divaksinasi Booster Tahap 2

Probolinggo – Meski pandemi Covid-19 melandai, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo terus melakukan vaksinasi khususnya bagi para tenaa kesehatan (nakes). Dinkes sendiri menargetkan 1.900 lebih nakes mendapat vaksinasi booster tahap 2.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, dr. Nurul Hasanah Hidayati mengatakan, vaksinasi booster tahap 2 bagi golongan nakes tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/ 3615/2022 tentang vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2, bagi sumberdaya manusia kesehatan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan.

“Vaksinasi booster ke 2 bagi nakes ini telah dilaksanakan sejak akhir bulan Juli kemarin. Pelaksanaannya dilakukan di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) di seluruh Kota Probolinggo,” ujarnya, Jumat (23/9/2022).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan per Kamis kemarin, capaian vaksinasi booster ke 2 bagi nakes telah mencapai 72,2% (setara 1.392 nakes) dari total sasaran nakes sebesar 1.928 kelompok nakes.

Adapun kriteria penerima vaksinasi booster ke 2 bagi nakes ini yakni 6 bulan setelah nakes tersebut menerima vaksinasi booster pertama. Selain itu, nakes yang sedang terpapar Covid-19 tidak diperbolehkan mendapat vaksinasi booster ke 2 ini.

“Vaksinasi booster ke 2 bagi nakes ini sempat tersendat pada pertengahan Agustus lantaran terbatasnya vaksin jenis Moderna yang dipakai. Namun setelah keluar SE dari Kementerian Kesehatan, yang mana vaksin jenis Moderna diganti dengan Pfizer maka vaksinasi dilanjutkan,” ujarnya.

Diketahui jumlah vaksin jenis Pfizer sebanyak 300 dosis, di mana satu dosis dapat digunakan untuk vaksinasi 12 nakes. Sementara, terkait vaksinasi booster 2 untuk masyarakat umum, Diskes dan P2KB belum ada petunjuk dari Kemenkes.(*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Percepat Herd Immumity, BIN Kebut Vaksinasi 

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …