INFO: Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo.(foto: Ahsan Faradisi)

Zero Pasien Covid-19 Dirawat, Rumah Isolasi di Gending Ditutup

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, menutup Rumah Isolasi Sari Indah, Kecamatan Gending, Selasa (30/3/2021). Penutupan itu dengan alasan pasien di rumah isolasi tersebut sudah tidak ada.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica mengatakan, ada sebanyak enam pasien terakhir yang berada di rumah isolasi itu. Mereka sudah dipulangkan ke rumahnya masing-masing.

“Selanjutnya, jika ada pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19, maka isolasinya itu ada dua tempat, jika untuk pasien laki-laki di Puskesmas Paiton. Sementara untuk konfirmasi wanita, ibu hamil, menyusui, nifas itu di Puskesmas Maron,” kata dr. Viro.

Kalau pasien sudah sangat sedikit, lanjut dr. Viro, panggilan akrab dr. Dewi Vironica, jika tetap harus full booking dengan membayar 50 kamar yang setiap kamar anggarannya Rp 125 ribu per hari. Sehingga, diputuskan Puskesmas Paiton dan Maron jadi rujukan.

“Bisa hemat karena tidak bayar tempatnya, hanya bayar untuk makan, petugas jaga dan lain-lain. Karena pasien sedikit, sehingga saya merasa yakin kalau Puskesmas Paiton dan Maron mampu untuk menampung. Kalau dulu banyak tidak mampu karena kamar terbatas,” ungkapnya.

Hanya saja, menurut dr. Viro, rumah isolasi Covid-19 di Puskesmas Paiton dan Puskesmas Maron diperuntukkan masyarakat terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala. Sementara yang bergejala tetap ada di RSUD Waluyo Jati Kraksaan dan RSUD Tongas.

“Itu pun jumlah pasien di dua rumah sakit ini sangat sedikit sekali. Kalau tidak salah di RSUD Tongas sudah nol dan RSUD Waluyo Jati Kraksaan ada enam orang. Karena pasien nol, maka Ibu Bupati sudah menyetujui di RSUD Tongas untuk mulai membuka poliklinik umum,” katanya.

Baca Juga  Musim Hujan Tiba, Warga Pajarakan Resah Dampak Limbah

Sekadar informasi, terhitung sejak, Senin (29/3/2021) total sebanyak 3.158 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Terinci, 19 pasien dirawat, 2.952 dinyatakan sembuh dan sebanyak 187 dilaporkan meninggal dunia.(*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Genjot Target Capaian dengan Lomba Vaksin Antar Dusun

TEGALSIWALAN,– Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo melakukan terobosan inovasi untuk meningkatkan capaian …