Kreatif, Pria di Kota Pasuruan Sulap Kertas Semen Jadi Tas Ecoprint

Pasuruan,- Seorang pria asal Kelurahan Bugul Lor, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Soli Rahmadi (53) berhasil membuat berbagai kerajinan dari kantong semen bekas menjadi tas ecoprint.

Kerajinan Soli ini sudah banyak mengikuti beberapa pameran di Jawa Timur dan beberapa daerah lainnya.

Pria yang juga bekerja sebagai ASN di Kelurahan Bugul Lor itu, mulai tertarik dengan kerajinan ecoprint sejak ditunjuk sebagai pembuat kostum karnival pada kegiatan pelatihan batik di Solo pada pertengahan 2017 yang lalu.

Pantas saja, selain ada tas dari bahan kertas semen bekas, di rumah Soli juga terlihat banyak batik dan kerajinan ecoprint lainnya mulai dari bahan dasar kain hingga kulit.

Menurut Soli, cara pembuatan tas dari bahan bekas kertas semen itu cukup lama. Awalnya kertas senen direndam dengan air tawas, air kapur dan juga dicampur batu tunjung sekitar 15 menit.

Setelah itu baru kertas semen ditempelkan dengan beberapa daun yang memiliki zat warna seperti daun jarak, daun jaranan, daun zenetri, jarak wulung dan daun lanang, supaya hasilnya lebih bagus dan benilai seni tinggi.

“Setelah ditempel dengan beberapa daun, kenudian ditutup dengan plastik lalu di gulung sepadat mungkin dan ditali rafia,” kata Soli.

Dijelaskan Soli, proses intinya itu adalah, gulungan kertas semen dan beberapa daun itu kemudian di kukus menggunakan api sangat kecil dalam waktu kurang lebih 1 jam setengah.

“Proses intinya disitu, dikukus api kecil, setelah selesai nanti warna yang dihasilkan dari daun tersebut akan keluar,” tandasnya.

Setelah dikukus, kertas bekas semen kering itu kemudian ditempelkan dengan spon neva. Hal itu dilakukan agar kualitas tas yang dibuat bagus.

“Ini kan ketas, jadi dilapisi dulu, kemudian ditambah spon neva ini. Setelah itu baru kita proses membuat tas seperti yang kita inginkan,” pungkasnya. (*) 

Baca Juga  Terobos Lampu Merah, Pasutri asal Mayangan Dihantam Honda CRV

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Pasca Banjir Lahar Hujan Semeru, Ratusan Warga Terserang Gatal-gatal hingga ISPA

Lumajang,- Banjir lahar hujan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, membuat ratusan warga terdampak bencana terserang …