Bawaslu Kota Probolinggo Buka Pendaftaran Panwascam

Probolinggo – Mendekati Pemilu 2024, Bawaslu Kota Probolinggo membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Diharapkan dengan telah adanya Panwascam dapat melakukan pengawasan sejak di mulainya tahapan pemilu.

Dibukanya pendaftaran Panwascam Kota Probolinggo ini disampaikan Ketua Bawaslu Kota Probolinggo, Azzam Fikri. Dikatakan pendaftaran Panwascam ini mulai dibuka tanggal 21 hingga 27 September.

“Adapun syarat – syarat peserta sudah dishare di media sosial di antaranya, minimal usia 25 tahun, tidak pernah menjadi anggota parpol, dan tim kampanye presiden, serta memiliki kemampun dan keahlian tentang kepemiluan,” ujarnya.

Untuk kebutuhan Panwascam, Bawaslu Kota Probolinggo membutuhkan 15 orang petugas Bawaslu. Yang mana 15 orang petugas ini akan disebar di lima kecamatan. Jadi, untuk masing – masing kecamatan terdapat tiga petugas Panwascam.

Nantinya para pelamar akan melalui proses mulai dari pendaftaran hingga tes melalui online. Namun, di dalam proses seleksi tersebut, akan ada tatap muka salah satunya wawancara. Dan setelah 15 orang petugas Panwascam terpenuhi, maka di akhir Oktober 2022 akan di lantik dan mulai bekerja.

“Bawaslu berharap dengan terbentuknya Panwascam ini, dapat membanru tugas Bawaslu di tingkat kecamatan tentang upaya pencegahan di tiap tahapan calon peserta pemilu, mulai dari pendaftaran hingga verifikasi faktual bisa berjalan dengan baik,” imbuh Azzam.

Tak hanya itu, Bawaslu Kota Probolinggo juga berharap peran serta masyarakat ikut mengawasi tahapan pemilu. (*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  BPBD Prediksi Musim Hujan Masih Berlangsung hingga Februari 

Baca Juga

Top! Pemkab Lumajang Raih Opini WTP 6 Kali Berturut-turut

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Dadan Pemeriksaan …