Ada Temuan Kerangka Manusia di Aliran Lahar Semeru, Diduga Korban Erupsi 

Lumajang,- Warga penggali pasir menemukan kerangka manusia di Kampung Renteng, Dusun Kebondeli Utara, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Diduga kuat, kerangka tersebut merupakan korban erupsi Gunung Semeru, tahun lalu.

Hasan, salah satu penambang pasir yang menemukan kerangka manusia di pinggir sungai aliran lahar Gunung Semeru mengatakan, kerangka manusia itu ditemukan, Minggu (11/9/2022) sekitar pukul 09.15 WIB.

Penemuan bermula saat Hasan, sedang menambang pasir secara manual. Tiba-tiba cangkul yang digunakannya, mengait tulang belulang disela-sela pasir yang ditambangnya.

Karena penasaran, Hasan memanggil temannya untuk melihat lebih dekat lagi. Setelah dekat, mereka menemukan potongan tulang manusia yang sudah tercampur dengan pasir vulkanik Semeru.

“Iya tadi saya temukan tulang belulang disekitaran penambangan ini, cuma untuk identitasnya masih belum diketahui,” kata Hasan.

Selain kerangka yang berbalut celana dan baju, tidak ada temuan lain yang didapati Hasan. Seperti misalnya identitas atau aksesoris, yang dapat menunjukkan identitas korban.

Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang Dwi Nurcahyo mengatakan, selanjutnya temuan tulang belulang tanpa identitas, akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sukosari.

“Karena tulang belulang itu tidak bisa dikenali, tadi kita semua bersepakat jenazah akan dimakamkan secara layak di TPU Sukosari,” pugkas Cahyo. (*) 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Ibu-anak Meregang Nyawa di Jalur Pantura Paiton

Baca Juga

Olah TKP Laka, Polisi Sebut Moge yang Dikendarai Korban Bodong

Probolinggo,- Kecelakan maut yang melibatkan tiga kendaraan dan mengakibatkan pasutri pengendara moge tewas, di jalur …