Sidak Pasar, Pemkot Belum Temukan Kenaikan Harga Pasca-BBM Naik

Probolinggo – Pemkot Probolinggo menggelar inspeksi mendadak (sidak) harga kebutuhan pokok di tiga pasar tradisional di Kota Probolinggo. Sidak terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) menunjukkan, harga sembako masih stabil.
Tiga pasar tradisional yang disidak, Pasar Baru, Pasar Ketapang dan Pasar Wonoasih. Tim sidak yang dibagi menkadi tiga ini fokus pada sejumlah kebutuhan pokok mulai dari daging ayam, daging sapi, telur, bawang merah, dan cabai.

Untuk daging ayam diketahui saat ini harganya Rp35 ribu per kilogram (kg) telur di kisaran 28 ribu per kg.

Cabai rawit yang beberapa waktu yang lalu sempat meroket, kini harganya Rp55-60 ribu per kg dan bawang merah Rp25-30 ribu per kg.

“Dari sidak yang kita lakukan bersama Forkopimda dan BPS, sampling ke beberapa pedagang rata-rata harga jual komoditasnya sama, dan seperti cabai ada penurunan harga namun sedikit,” ujar Sekertaris Daerah Pemkot Probolinggo, drg. Ninik Ira Wibawati.

Selain itu, diketahui dari sidak ini, dengan adanya kenaikan harga BBM, masih belum mempengaruhi harga komoditas yang di jual di pasar. Namun demikian, Pemkot Probolinggo akan terus melakukan pemantauan terhadap komoditas yang dijual di pasar.

“Selain terus melakukan pemantauan harga melalui dinas terkait, pemerintah pusat dan Pemkot Probolinggo juga akan mencairakan bantuan kepada masyarakat berupa BLT, maupun bantuan lain, agar kebutuhan masyarakat dapat terbantu,” imbuh mantan Kepala Dinas Kesehatan ini.

Sementara, salah satu pedagang daging sapi asal Kelurahan Sukoharjo, Heni mengatakan, saat ini harga daging sapi Rp110 ribu per kg. Namun demikian, informasi yang ia terima, harga daging sapi rencananya akan naik.

“Informasi yang saya terima dari bos saya, harga daging sapi ini rencananya akan naik sebesar Rp5 ribu. Hal ini karena kenaikan efek harga BBM serta efek dari PMK sehingga harga sapi masih sedikit mahal,” ujarnya.(*)

Baca Juga  Berkas Mantan DPRD FPKB P-21, Tunggu Jadwal Sidang

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …