Lansia di Kota Pasuruan Ternyata Dihabisi Tetangga, Motifnya Sakit Hati

Pasuruan,- Teka-teki kematian Saki (60), warga Jl. Jendral S. Parman, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, akhirnya terkuak. Korban yang ditemukan tewas dengan luka bacok di sekujur tubuh, ternyata dibunuh tetangganya sendiri.

Pelaku adalah MA (29), tercatat sebagai warga Jl. Jendral S Parman, Kelurahan Panggungrejo. Pelaku tak lain merupakan tetangga korban sendiri.

Kasat Reskrim Polres Pasuruan Kota AKP Bima Sakti Pria Laksana mengatakan, pelaku berhasil ditangkap kurang dari 1×24 jam. Hubungan pelaku dan korban, menurutnya, adalah tetangga.

“Sebelum ditangkap, pelaku sempat melarikan diri dan membuang senjata tajam yang digunakan untuk membunuh korban,” kata Bima saat rilis Kasus di halaman Mapolres Pasuruan Kota, Selasa (16/8/2022).

Menurut Bima, sebelum kejadian korban dan pelaku sempat cekcok dan berkelahi di kampungnya karena ada omongan korban yang dinilai menantang pelaku.

Kemudian pelaku yang merasa terpancing dengan omongan korban akhirnya emosi. Keduanya pun akhirnya terlibat duel yang berujung pada tewasnya korban.

“Saat itu, sempat dimediasi oleh perangkat desa,” ujar Bima.

Dijelaskan Bima, pelaku sudah merencanakan sebelumnya untuk membunuh korban. Tiga hari sebelum kejadian, pelaku sudah mempersiapkan senjata tajam.

“Motif pembunuhan adalah karena tersangka tidak terima atau sakit hati kepada korban,” Bima menegaskan.

Pasal yang disangkakan kepada pelaku, imbuh Bima, adalah Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana. Ancaman hukuman mati atau penjara seumur hidup atau penjara sementara selama-lamanya 20 tahun.

“Juga Pasal 338 KUHP hukuman penjara selama-lamanya 15 tahun dan juga Pasal 351 Ayat 3 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 7 tahun,” pungkas Bima.

Diberitakan sebelumnya, seorang pria ditemukan bersimbah darah di Jl. Jendral S. Parman, RT.01 RW.01, Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Panggungrejo, Minggu (14/8/2022) malam.

Baca Juga  Tiga Bulan Buron, Remaja Pencuri HP Santri Akhirnya Tertangkap

Pada tubuh pria lanjut usia itu, ditemukan luka bacok di sekujur tubuh. Sempat mendapatkan perawatan medis, namun nyawa korban tidak tertolong. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Rekontruksi Pembunuhan di Grati Pasuruan, Korban dan Pelaku Sempat Rebutan Bondet

Pasuruan,- Polres Pasuruan Kota menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Sunariyo (50), warga Dusun Wringinanom, Desa …