Giliran Sarbumusi Kota Probolinggo Terbentuk, Salamul Huda Jadi Nakhoda

Probolinggo,- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Nahdlatul Ulama Kota Probolinggo menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) di Aula Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat, Jumat (05/08/22)

Sekertaris DPW Sarbumusi NU Jawa Timur, Imam Mukhlas mengatakan, Sarbumusi merupakan Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU). Oleh karenanya, ia mempunyai tanggung jawab moral untuk mengambil peran dalam memperjuangkan hak serta kepentingan para pekerja, khususnya warga Nahdiyin.

“Jadi semangat teman-teman, kerja keras dan istiqomah diseluruh jajaran pengurus baik di tingkat kabupaten dan kota, menjadi penting untuk perkembangan Sarbumusi nantinya,” kata Imam.

Namun menurut Imam, semangat saja tidak cukup melainkan harus banyak pelajar karena undangan-undangan perburuhan itu dinamis. “Maka dibutuhkan semangat dan Istiqomah,” pintanya.

Dijelaskan pula, didirikan oleh para ulama NU pada tahun 1955 silam. Tugasnya kala itu, mengurus persoalan-persoalan perburuhan yang banyak termarjinalkan oleh kebijakan perusahaan pro pemerintah.

“Sarbumusi ditugasi untuk memperjuangkan hak dan kepentingan para pekerja,” tegasnya.

Saat ini, lanjut dia, kebijakan yang bisa dikawal oleh Sarbumusi adalah hal-hal yang bersifat normatif. “Satu upah, kedua jam kerja, THR, status hubungan kerja dan lain sebagainya,” urai Imam.

Seketaris PCNU Kota Probolinggo, H ILyas Rolis mengatakan, alangkah bahagianya ia bisa bersilaturahmi dengan pengurus DPW Sarbumusi NU Jawa Timur untuk bersama-sama memhidupkan kembali organisasi perburuhan yang sudah satu dekade vakum di Kota Probolinggo.

Menurutnya, eksistensi organisasi itu tidak hanya ada pada saat konferensi cabang dan pelantikan. Yang terpenting, hadir ditengah-tengah masyarakat marjinal sehingga bisa menjadi penentu arah perjuangan warga nadhliyin.

“Apalagi menyangkut hak-hak mendasar dari para perkerja yang menjadi medan perjuangan Sarbumusi NU, khusunya di Kota Probolinggo,” jelasnya.

Baca Juga  Tergerus Air Luapan Sungai, Plengsengan Jebol

Oleh sebab itu, pesan H. Ilyas, Sarbumusi kedepannya mempunyai tugas-tugas penting untuk mengangkat harkat dan martabat para pekerja buruh di wilayah Kota Probolinggo.

Selain Seketaris DPW Sarbumusi Jatim, Imam Mukhlas beserta jajarannya dan Pengurus PCNU Kota Probolinggo, turut hadir calon pengurus DPC Sarbumusi Kota Probolinggo dan Ketua DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo, Babul Arifandhie.

Rakercab ini menghasilkan Salamul Huda sebagai Ketua DPC Sarbumusi NU Kota Probolinggo periode 2022 sampai 2027. Sementara Ahmad Zainullah didapuk sebagai sekretaris.

Sebelumnya dua pekan lalu, Jum’at (22/7/22), DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo lebih dulu terbentuk dalam konfercab yang digelar di kantor PCNU Kabupaten Probolinggo. (*)

 

Penulis: Moh. Rochim
Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Bikin Resah! Manusia Silver Bertebaran di Lumajang

Lumajang,- Keberadaan manusia silver yang mengemis di sejumlah perempatan jalan di Kabupaten Lumajang, membuat Satpol …