Hendak ke Perairan Arafuru, KM Lautan Papua Indah Terbakar di Paiton

Probolinggo – Kapal Motor (KM) Lautan Papua Indah yang hendak berlayar ke perairan Arafuru, Papua, terbakar di perairan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Selasa (12/7/2022). Meski kapal terbakar hebat, seluruh anak buah kapal (ABK) selamat.

Kapal dengan 25 kru yakni, 19 ABK dan 6 ABK titipan itu berangkat dari Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Kota Probolinggo, Selasa siang sekitar pukul 12.00.

Diduga berasal ruang mesin, kapal tersebut terbakar saat memasuki perairan Paiton. Api membakar bagian belakang atas kapal dengan cepat. Beruntung saat kebakaran terjadi, sejumlah kapal yang berada di sekitar KM Lautan Papua Indah membantu mengevakuasi ABK kapal.

“Keterangan sementara, terbakarnya KM Lautan Papua Indah karena sambungan pembuangan gas di mesin yang ada di kamar mesin keluar api. Dan dengan cepat api merembet dan membakar benda yang ada di dalam,” ujar Komandan Pos TNI Angkatan Laut (Danpos TNI AL) Paiton, Letda Herdin.

Api yang membakar kapal milik PT. Wogikel Papua Jaya tersebut berhasil dipadamkan setelah empat unit kapal tug boat diterjunkan untuk memadamkan api.

“Untuk seluruh ABK yang selamat saat ini dievakuasi ke Pos AL Paiton, untuk kemudian dibawa ke kantor IP3 Paiton,” kataHerdin. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Tinjau Perbaikan Jalan Rusak, Wabup Timbul Berterima Kasih ada Kritik yang Membangun

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …