Sampah di Jembatan Krejengan tak Lagi Menggunung, begini Ceritanya

Krejengan,- Masih ingat dengan tumpukan sampah yang berada di sebelah timur jembatan Desa Krejengan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo?

Saat itu, tumpukan sampah dikomplain warga dan pengguna jalan lantaran menyebabkan bau tidak sedap. Sementara pemerintah desa dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo mengaku sama-sama tidak memiliki tanggung jawab.

Pantauan PANTURA7.com, Rabu (8/6/22) sore, tumpukan sampah yang sebelumnya menggunung kini sudah tak tampak. Selain bersih, di area tersebut terpasang banner pengumuman dengan tulisan ‘dilarang buang sampah disini’.

Kepala Desa (Kades) Krejengan Nurul Huda (41) mengatakan, tumpukan sampah di pinggir jalur Kraksaan – Gading itu sudah dibersihkan sejak Jum’at (24/6/22) lalu.

“Sudah saya bersihkan Jum’at itu, kami bersih-bersih bersama dengan pihak DLH Kabupaten Probolinggo menggunakan truk dan bebebrapa alat yang disediakan DLH,” ungkap Huda.

Pihaknya, menurut Huda, juga telah meneken Memorandum Of Understanding (MoU) dengan DLH Kabupaten Probolinggo terkait pengelolaan sampah di desanya.

“MoU dengan DLH itu terkait pengelolaan sampah. Kami sendiri yang mengelola dan DLH sebagai penyedia peralatannya, seperti truk dan petugasnya. Jadi kami mengganti biaya operasionalnya ke DLH,” papar Huda.

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Probolinggo, Dwijoko Nurjayadi membenarkan bahwa pihaknya telah sepakat MoU dengan Pemerintah Desa Krejengan terkait pengelolaan sampah.

Dijelaskan Dwijoko, sampah-sampah yang berada di Desa Krejengan, kini telah menjadi tanggung jawabnya untuk menyediakan armada pengangkut sampah ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) yang terletak di Desa Seboro, Kecamatan Krejengan.

“Desa sendiri yang mengangkut langsung ke TPA menggunakan peralatan yang disediakan DLH. Karena di Krejengan memang tidak ada TPS, yang tumpukan sampah itu bukan TPS tapi oleh warga dijadikan tempat pembuangan sampah karena dekat dengan sungai,” urai Dwijoko.

Baca Juga  Wabup Lumajang Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif Perangi Rokok Ilegal

Penulis: Ainul Jannah
Editor: Efendi Muhammad
Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …