Tingkatkan Produktivitas Pertanian, HKTI Kab. Probolinggo Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik

Pajarakan,- Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI ) Kabupaten Probolinggo mendorong para petani menggunakan pupuk organik. Alasannya, untuk menjaga kesuburan tanah dan meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Ketua DPC HKTI Kabupaten Probolinggo, Mohammad Haris Damanhuri atau Gus Haris menyebut, kelebihan lain pupuk organik adalah ramah lingkungan dan lebih hemat biaya.

“Penggunaan pupuk kimia secara terus menerus dan tidak diberlakukannya pola tanam yang benar dapat membuat produktivitas hasil pertanian menurun,” kata Gus Haris saat sambutan dalam Rapat Kerja Cabang (Rakercab) HKT Kabupaten Probolinggo di Aula MA. Zainul Hasan Genggong, Rabu (29/6/22).

Dampak penggunaan pupuk kimia, dijelaskan Gus Haris, hasil panen tidak maksimal sehingga para petani akan merugi. Padahal pupuk merupakan kebutuhan utama tanaman agar tumbuh subur dan produktif.

“Pupuk yang ramah lingkungan itu ialah pupuk organik. Pupuk ini memiliki keunggulan tersendiri karena menyuburkan tanah dan menghidupkan mikroorganisme di dalamnya,” pungkas dia.

Gus Haris menambahkan, pupuk organik sangat aman untuk pemakaian jangka panjang. Oleh karenanya, pihaknya bakal getol mengkampanyekan penggunaan pupuk organik ke petani.

“Berbeda dengan pupuk kimia, jika digunakan secara terus menerus dalam waktu yang lama, akan merusak kandungan unsur hara dan mikroorganisme di dalam tanah,” urai Pengasuh Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong ini. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Hadiri Panen Raya Padi di Pasuruan, Mentan; Ayo Panen 3 Kali Setahun

Baca Juga

Bawang Merah Probolinggo Tersisih di Kalimantan, Ternyata ini Sebabnya?

Probolinggo,- Bawang merah asal Probolinggo dan sejumlah daerah di Jawa dikabarkan tidak bisa masuk ke Kalimantan …