Hasil Rakor Gubernur Jatim, Polres Berlakukan Surat Sehat Hewan

Probolinggo,- Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilakukan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten dan kota di Jawa Timur sudah mulai diberlakukan di Kabupaten Probolinggo.

Rakor merekomendasikan pemberlakukan penyertaan surat keterangan sehat bagi hewan ternak dari setiap daerah masing-masing yang akan masuk dan diperdagangkan di Kabupaten Probolinggo. Hal itu untuk mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menjelang Idul Adha.

Polres Probolinggo menerapkan kebijakan itu dengan melakukan penyekatan di pos check point di Desa Banjarsawah, Kecamatan Tegalsiwalan sejak Selasa (7/6/2022) kemarin. Dua truk bermuatan sapi dan diketahui dari Kabupaten Lumajang diarahkan putar balik.
“Penyekatan di jalur Lumajang-Probolinggo yang memang jalur untuk mengangkut ternak untuk dijual di Kabupaten Probolinggo. Tadi sudah ada dua kendaraan yang kami minta untuk melakukan putar balik,” kata Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi, Kamis (9/7/2022).

Dua kendaraan diminta untuk putar balik itu, menurut Arsya, dikarenakan beberapa hewan ternak yang dibawanya terindikasi terpapar PMK. Sebab, pada mulut sapi terlihat mengeluarkan air liur yang cukup banyak.

“Selain itu, hewan ternak yang dibawa tidak dilengkapi surat keterangan kesehatan dan ada indikasi gejala awal terpapar PMK. Penyekatan ini kami lakukan agar tidak ada hewan terpapar PMK masuk ke Kabupaten Probolinggo sehingga tidak terjadi penyebaran,” tuturnya.

Sementara itu, menjelang Idul Adha, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, sudah menggelar rakor bersama Panglima Kodam (Pangdam), Kapala Kepolisian Daerah (Kapolda), Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) dan unsur Forkopimda lainnya Jawa Timur.

“Bahwa nantinya ada surat yang menjelaskan ketika sapi itu keluar dari satu daerah maka harus disertakan surat keterangan sehat dari kepala dinas peternakan masing-masing daerah itu kabupaten atau kota,” ujar mantan Menteri Sosial (Mensos) itu. (*)

Baca Juga  Waspada! Hujan Deras dan Angin Kencang Masih Mengancam

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …