BERUPAYA: Petugas tampak sedang menyemprotkan cairan disinfektan. (Foto: Hafiz Rozani).

Antisipasi PMK, Pasar Hewan Wonoasih Disemprot Disinfektan

Probolinggo – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim bersama BPBD Kota Probolinggo dan Dispertahankan Kota Probolinggo menyemprotkan disinfektan di Pasar Hewan Wonoasih, Selasa (24/5/2022). Penyemprotan ini untuk antisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sudah merebak di Kota Probolinggo.

Setiba di Pasar Hewan Wonoasih sekitar pukul 10.30, petugas langsung melakukan penyemprotan. Seluruh lokasi baik tempat ternak diikat hingga tempat parkir kendaraan tak luput dari penyemprotan.

“BPBD Provinsi Jawa Timur dalam hal ini men-support penyemprotan ini sesuai leading sector BPBD terkait PMK ini. Penyemprotan ini telah dilakukan di sembilan kabupaten dan kota di Jawa Timur,” ujar Kasi Logistik BPBD Provinsi Jatim, Bige Agus Wahyono.

BPBD Jawa Timur akan melakukan penyemprotan di 20 Kota dan Kabupaten yang sudah terindikasi adanya PMK.

“BPBD Jatim sendiri untuk sekali melakukan penyemprotan di pasar hewan membutuhkan 25 liter disinfektan. Namun demikian, jumlah tersebut bisa bertambah jika nantinya kota dan kabupaten membutuhkab support,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Sugito Prasetyo mengatakan, berterima kasih kepada BPBD Provinsi Jatim yang melakukan penyemprotan disinfektan.

“Sesuai arahan Walikota Probolinggo, kami akan terus melakukan penyemprotan sesuai titik-titik yang dianggap teridentifikasi adanya PMK. Namun tentunya penyemprotan yang akan kami lakukan sesuai rekomendasi dari Dispertahankan,” ujarnya.

Diketahui di Kota Probolinggo ada 25 ekor sapi yang terindikasi PMK. Sapi-sapi tersebut milik peternak yang berada di tiga kecamatan. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  5 Hari, 2 Nyawa Melayang Akibat Epilepsi

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …