PENUH: Pengukuhan ratusan Pejabat Pemkab Probolinggo, (Foto: Moh. Ahsan Faradisi).

Ratusan Pejabat di Pemkab Probolinggo Dikukuhkan

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melakukan Pengukuhan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Pelantikan, Pengukuhan Pimpinan Administrator Jabatan Pengawas dan Jabatan Fungsional, Kamis (19/5/2022) sore.

Ratusan pejabat dikukuhkan di Ruang Madakaripura, Gedung Bupati Probolinggo yang terdiri dari Eselon II, III dan IV serta Fungsional Tenaga Kesehatan. Meski begitu, masih ada beberapa, yaitu sebanyak dua kursi jabatan kepala dinas masih memerlukan tahapan jobfit (perlakuan JPT-P rotasi)

Untuk Eselon II, sebanyak 30 pejabat yang dikukuhkan, Eselon III sebanyak 159 pejabat, Eselon IV sebanyak 237 dan Fungsional Tenaga Kesehatan sebanyak 32 orang. Pengukuhan itu dilakukan sesuai dengan struktur organisasi tata kerja (SOTK) baru.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Kominfo) Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian mengatakan, pengukuhan itu tentunya mengubah tata kerja pejabat lama dengan tata kerja yang baru sesuai bidangnya masing-masing.

Pengukuhan itu, kata dia, tak hanya di lingkungan OPD saja, melainkan seluruh pegawai di tingkat kecamatan. Hanya saja, ada dua kursi kepala dinas yang tidak dikukuhkan saat ini, yaitu Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH).

“Semuanya dikukuhkan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Sehingga sesuai dengan tata kelola yang baru, hanya tersisa dinas peternakan dan dinas pertanian. Kedua dinas ini belum dikukuhkan karena masih memerlukan tahapan jobfit,” kata Yulius usai pengukuhan.

Sebab, menurut mantan Camat Sukapura ini, dari SOTK baru, dua dinas ini, masuk dalam satu Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Sehingga harus dilakukan assessment terlebih dahulu untuk digabung, kemudian baru bisa untuk dikukuhkan.

“Jadi harus dilakukan assesment dulu untuk digabung. Baru setelah itu dilakukan pengukuhan sebagaimana OPD lain di lingkungan Pemkab Probolinggo sesuai SOTK,” tutur Yulius. (*)

Baca Juga  Jatim Masuki Usia 77 Tahun, Cak Thoriq Serukan Semangat IKI

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …