Jaga Trantibum, Fisik Penegak Perda Ditempa

Probolinggo,- Pasca libur Lebaran, puluhan anggota Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Kabupaten Probolinggo melaksanakan kegiatan pembinaan teknis tugas lapangan. Hal tersebut salah satunya, mengasah fisik agar tetap maksimal dalam tugas.

Selain penempaan fisik, pembinaan langsung ‘on the spot’ di wilayah kerja tersebut bertujuan penguatan Peran Satpol PP dalam penegakan peraturan daerah (Perda), seperti penertiban prostitusi atau lokalisasi, perizinan usaha, serta izin pertambangan dan tambak.

Kepala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Kabupaten Probolinggo Hariyanto mengatakan, selain menciptakan Kamtibmas, Satpol PP juga berperan penting dalam menegakkan Perda yang dibuat oleh pemerintah daerah.

“Untuk itu dibutuhkan SDM yang profesional dan berkualitas. Kami harap pembinaan ini dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan mereka saat bertugas di lapangan, terlebih pengamanan untuk prostitusi yang membandel,” kata Hari, Senin (16/5/2022).

Sebab, menurut dia, tak jarang ada perlawanan dari oknum-oknum tertentu saat anggotanya melaksanakan tugas. Sehingga hal itu menjadi atensinya agar nantinya ketika terjun ke lapangan kemudian ada halangan bisa segera diatasi.

“Maka dari fisik-fisik anggota yang bertugas di lapangan kami tempa, sehingga nantinya selalu siap dan sigap ketika mendapat perlawanan dari oknum-oknum tertentu. Bukan maksud kami, anggota diadu nantinya, tapi kewaspadaan juga penting,” ujar Hari.

Pembinaan khusus ‘on the spot’ ini, lanjut Hari, juga memiliki fungsi pengawasan Satpol PP kepada para anggota yang bertugas di wilayah masing-masing. Utamanya petugas yang memang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Satpol PP juga memiliki kewenangan terkait perijinan usaha tambang, tambak serta penertiban prostitusi. Jangan sampai ada anggota Satpol PP yang menjadi beking di balik itu semua, lebih-lebih mementingkan urusan pribadinya sendiri,” tutur Hari. (*)

Baca Juga  Markas Polsek Kanigaran Mulai Dibangun

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …