Libur Long Weekend, Wisatawan Bromo Naik 200%

Probolinggo – Gunung Bromo masih menjadi favorit masyarakat untuk berlibur. Pada libur panjang akhir pekan (long weekend) ini, sejak kemarin wisatawan Gunung Brmo meningkat, di mana wisatawan masih didominasi wisatawan lokal.

Naiknya wisatawan membuat jasa wisata panenn, salah satunya Soni, pemilik Juragan Bromo. Ia mengaku, omset long weekend hari ini naik 200% dibandingkan libur lebaran lalu.

Selain itu, jadwal keberangkatan tour yang awalnya sekali dalam sehari, ditambah menjadi dua hari dalam sehari, yakni pagi dan malam hari.

“Dalam sehari saya bisa mengangkut 250 hingga 500 wisatawan. Jumlah wisatawan yang saya angkut pada libur long weekend ini dua kali lipat dari wisatawan di libur lebaran. Di mana rata-rata 100 hingga 200 wisatawan,” ujarnya.

Meskipun ada kenaikan, namun wisatawan masih didominasi wisatawan lokal. Memang ada beberapa wisatawan asing yang sudah mendatangi Gunung Bromo.

“Prediksi peningkatan wisatawan hingga besok Minggu, meskipun libur hingga hari Senin, karena memang, wisatawan lebih memilih hari Sabtu dan Minggu untuk datang ke Bromo,” ujarnya.

Hal senada disampaikan PLH Kepala Seksi Wilayah 1, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Subur Hari Handoyo saat dikonfirmasi terpisah. Dikatakan sejak Jumat (14/5/2022), mulai ada peningkatan pengunjung Gunung Bromo. Hal tersebut terlihat dari banyaknya wisatawan yang masuk melalui pintu Probolinggo.

“Untuk data pengunjung hari ini masih belum saya terima, namun sejak kemarin, pintu masuk Gunung Bromo melalui pintu Probolinggo mulai mengalami peningkatan. Meski ada peningkatan, kami tetap menerapkan prokes,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Picu Bengkak, Warga Leces Lepas Cincin di Damkar

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …