Ramadhan, Permintaan Bawang Merah 20 Ton per Hari

Probolinggo – Memasuki bulan Ramadhan, permintaan bawang merah di Pasar Bawang Dringu terus meningkat. Setiap hari, permintaan bawang merah baik untuk pasar lokal hingga luar kota bisa mencapai 20 ton, dengan harga bawang merah mencapai Rp24 ribu per kilogram (kg).

Hal tersebut disampaikan Kepala Pasar Bawang Dringu, Sutaman Effendi. Dikatakan sejak memasuki bulan Ramadhan, permintaan bawang merah terus meningkat khususnya untuk bawang ukuran tanggung, besar, hingga super.

“Tiap hari permintaan bisa mencapai 20 ton, itu pun jika ditotal permintaan baik dari Probolinggo, Malang, Surabaya, Madura, hingga daerah lain. Berbeda jika hari Sabtu dan Senin, permintaan bisa meningkat dari luar pulau, jika ditotal bisa mencapai 30 ton,” ujarnya.

Selain permintaan tinggi, harga bawang merah di pasar bawang berubah, di mana untuk bawang merah ukuran super saat ini mencapai Rp23 ribu hingga 24 ribu per kg. Sedangkan untuk ukuran besar mencapai Rp16 ribu hingga 20 ribu per kg.

Memang khusus bawang merah ukuran tanggung kecil sedikit menurun. Yakni Rp12 ribu hingga 13 ribu dibandingkan sebelumnya, Rp14 ribu hingga Rp15 ribu per kg. sedangkan untuk ukuran kecil berada di kisaran Rp6 ribu hingga Rp8 ribu per kg dibandingkan sebelumnya, Rp 7 ribu hingga Rp9 ribu per kg.

“Alhamdulillah, permintaan yang tinggi setiap harinya diimbangi dengan stok yang mencukupi. Setiap hari stoknya mencapai 42 hingga 50 ton, selain itu diprediksi H-10, harga bawang akan naik, dibarengi permintaan juga semakin naik,” imbuh Sutaman. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  Petugas Gabungan Amankan Ribuan Rokok Ilegal di Dua Toko di Kota Probolinggo

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …