Ratusan Bonsai Unjuk Keindahan di Even Nasional 

Probolinggo – Ratusan peserta berlomba untuk menjadi pemenang dalam kontes tanaman bonsai yang di lapangan Zipur 10 Probolinggo. Kontes ini diharapkan dapat meningkatkan kiprah pebonsai lokal Probolinggo.

Sebanyak 540 pohon bonsai turut ambil bagian dalam kontes bonsai 19-27 Maret 2022 ini. Tak hanya peserta dariJawa Timur, juga dari Makasar, Tangerang, dan Bali turut ambil bagian.

“Ada lima kelas yang diperlombakan, yakni kelas Prospek, Pratama, Madya, Utama, dan kelas Serut. Khusus kelas Serut diperuntukkan bagi para penggemar bonsai di Probolinggo. Sebab perkembangannya cukup digemari,” ujar Ketua Panitia Pameran Bonsai, Teguh Prihandoko, Jumat (25/3/2022).

Ada beberapa tanaman yang ikut dalam kontes bonsai ini, mulai dari beringin, pinus, cedar, santeki, kimeng, dan serut. Rata-rata, pohon yang ikut dalam kontes bonsai sudah ikut dan menjuarai berbagai kontes bonsai, sehingga dalam kontes yang digelar di lapangan Yon Zipur 10 itu cukup ketat.

Tak hanya bonsai ukuran besar, namun bonsai ukuran kecil juga ambil bagian dalam kontes bonsai ini. Meski kecil, bonsai ini harganya cukup lumayan mulai Rp1 juta hingga Rp5 juta. Bahkan, salah satu bonsai yang ikut dalam kontes ini harganya 500 juta.

“Dengan adanya kelas khusus yakni serut untuk Probolinggo ini, saya berharap penggemar bonsai di Probolinggo terus berkembang, dan bertambah banyak peminatnya,” imbuhnya.

Sementara, salah satu peserta asal Probolinggo, Bawon Sugiharto mengaku, bersyukur tanaman bonsainya berjenis beringin kimeng mendapat mendapat peringkat dus kelas Utama. Tanaman tersebut ia rawat sejak 2014.

“Sebelum ikut kontes, bonsai saya ini sudah ditawar warga Situbondo dengan harga Rp150 juta, karena selain bagus, bonsai saya ini telah empat kali mendapat juara,” ujarnya. (*)

Baca Juga  Budidaya Ikan Tawar Solusi Minimnya Pasokan Ikan

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Alih Status, Dua Ribuan Wanita di Probolinggo jadi Janda

Probolinggo,- Kasus perceraian di Kabupaten Probolinggo masih cukup tinggi. Sepanjang tahun 2023, Pengadilan Agama (PA) …