‘Launching’ Sekolah Jurnalistik, Kapolres Probolinggo Apresiasi Goes To Campus

Paiton– Kepolisian Resort (Polres) Probolinggo mengapresiasi Goes To Campus yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Probolinggo Raya di Universitas Nurul Jadid (Unuja) Kecamatan Paiton, Kamis (24/3/22) di aula pesantren setempat.

Apresiasi tersebut disampaikan Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi saat menjadi narasumber acara tersebut dan sekaligus peluncuran (launching) Sekolah Jurnalistik yang diikuti mahasiswa setempat dengan pemateri langsung dari PWI Probolinggo Raya.

“Universitas Nurul Jadid ini memiliki jumlah alumni yang sangat banyak, kemudian jaringan akademisinya juga banyak, sehingga dengan launching sekolah jurnalistik ini diharapkan mahasiswa dapat mengedepankan etika ketika menyampaikan informasi,” kata Arsya.

Sebab menurut Arsya, dengan adanya infromasi baik nantinya dapat menangkal berita hoax yang banyak beredar dan menimbulkan perpecahan di kalangan masyarakat. Terlebih, dari data statistik, tahun 2045, Indonesia akan menjadi negara terbesar nomor empat di dunia.

“Tapi hal itu hanya bisa terjadi ketika kehidupan sosial politik di masyarakat stabil. Kalau kita lihat Indonesia ini memang negara yang luar biasa, bangsa-bangsa lain jumlah perbedaannya tidak sebanyak di Indonesia,” ujar Alumnus Akpol 2003 ini.

Pria kelahiran Aceh itu menambahkan, tahun 2018, Indonesia terbagi menjadi dua kubu yang sangat besar dan banyak berita hoax bermunculan di media sosial. Oleh karena itu, dengan adanya media yang memahami jurnalistik bisa dapat mengedukasi masyarakat untuk menangkal berita hoax.

“Masyarakat nantinya dapat membedakan mana berita yang hoax dan berita yang benar sehingga tidak terjadi perpecahan seperti yang terjadi di tahun 2018 lalu. Semuanya bisa melemahkan jika informasi yang disampaikan berita bohong atau memecah belah,” tutupnya.

Perlu diketahui, dalam sekolah jurnalistik tersebut, PWI Probolinggo Raya menghadirkan lima pemateri dari lima kelas. Empat di antaranya merupakan pengurus PWI Probolinggo Raya, dan satu pemateri lainnya dari media internal Unuja.

Baca Juga  Jelang Lebaran, Polisi di Probolinggo Bersih-bersih Masjid

Yakni, A. Syafiudin Abdillah pemateri kelas desain grafis, Hana Susanti kelas news, Mohammad Iqbal kelas pengelolaan media, Zainal Arifin kelas fotografi dan Babul Arifandhie, wartawan Kompas TV, pemateri kelas videografi. (*)

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Kelayapan di Warkop, 27 Pelajar di Kota Pasuruan Digulung Satpol PP

Pasuruan,- Puluhan pelajar terjaring razia Satuan Polisi (Satpol PP) Kota Pasuruan, Senin (29/1/2024) pagi. Para …