Tahun Ini Puluhan PJU Dipasang di Semampir-Wangkal

PROBOLINGGO,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo akan memasang puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di ruas jalan dari Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan sampai Desa Wangkal, Kecamatan Gading yang dinilai kurang penerangan.

Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Taufik Alami mengatakan, untuk tahun 2022 khusus jalan berkeselamatan, antara Kraksaan-Gading akan dipasangi PJU di 31 titik. Sebab, ruas jalan tersebut termasuk ring 1 jalan berkeselamatan.

Pemasangan PJU di beberapa titik ruas jalan berkeselamatan ini, menurut Taufiq, merupakan gebrakan dan inovasi Dishub Kabupaten Probolinggo. Pasalnya selama bertahun-tahun ruas-ruas jalan berkeselamatan tersebut tidak dilengkapi penerangan sama sekali.

“Semampir hingga Wangkal ini adalah salah satu jalan berkeselamatan dari total 15 di Kabupaten Probolinggo. Kebutuhan PJU dari hasil pemetaan kita jalan berkeselamatan ada sekitar 4.055 titik. Namun saat ini baru ada 165 titik PJU,” kata Taufiq, Jumat (14/1/2022).

Ada beberapa pertimbangan dipilihnya titik-titik pemasangan PJU. Yakni, tempat strategis, tidak ada penerangan sama sekali serta tikungan rawan kecelakaan dikarenakan frekuensi kendaraan yang melintas di jalanan tersebut cukup tinggi.

“Ruas jalan Kraksaan hingga Wangkal ini masuk ring 1 karena sebagai kawasan penyangga Kota Kraksaan. Seiring dengan jargon Dishub Bangkit ini kita ingin merombang pemikiran pola lama, paling tidak Dishub bisa bangkit lagi,” ungkap mantan Camat Gading ini.
Dengan dipasangnya PJU di titik-titik rawan itu, lanjut Taufik, ke depannya mampu meningkatkan keselamatan transportasi yang memang hal itu merupakan tugas, pokok dan fungsi (Tupoksi) Dishub Kabupaten Probolinggo, khususnya di jalan berkeselamatan.

“Semoga nanti kita mendapatkan anggaran lain dan anggaran lebih. Dengan demikian kebutuhan kelengkapan PJU dan lainnya demi tercipta jalan berkeselamatan dapat terpenuhi. Karena untuk tahun ini masih banyak PR kita khususnya di jalan kabupaten,” tutur Taufik. (*) 

Baca Juga  Diserbu Pemudik, Proses Karantina Bakal Pindah ke Desa

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Waduh, Kampanye Langgar Prokes, Cakades Bisa Didiskualifikasi

PROBOLINGGO,- Tahapan kampanye para Calon Kepala Desa (Cakades) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 250 …