Puluhan Penutup Drainase Hilang, Kerugian Rp50 Juta

KRAKSAAN,- Buntut pencurian besi penutup drainase di jalur pantura, Kota Kraksaan yang terekam Camera Circuit Television (CCTV) membuat pihak kepolisian mengembangkan kasusnya. Alhasil, terungkap diperkirakan selama tahun 2021 sudah ada puluhan penutup drainase dicuri.

Hal ini disampaikan Kapolsek Kraksaan, Kompol Sujianto pasca pengembangan dari kasus pencurian penutup drainase di depan MINU Kelurahan Patokan, Kota Kraksaan. Polsek mendapatkan keterangan dari Pemkab Probolinggo sedikitnya, 57 penutup drainase hilang dicuri.

Akan tetapi, menurut Sujianto, pihaknya belum bisa memastikan, pelaku (pencuri)-nya tunggal yakni, sopir MPU yang terekam CCTV tersebut. Sebab, hingga saat ini pihaknya masih mencari keberadaan pelaku yang kabur setelah video-nya tersebar luas.

“Pelaku melarikan diri setelah mengetahui kalau video yang ada dirinya tersebar dan viral. Kalau seandainya video tersebut tidak diposting lebih dulu mungkin kami sudah amankan juga bersama barang buktinya,” kata Sujianto saat ditemui di ruangannya, Kamis (13/1/2022).

Menurut Sujianto, penutup drainase yang dicuri beratnya sekitar 50 kilogram (Kg), jika dijual bisa laku sekitar Rp1,2 juta. Sehingga, jika ditotal kerugian Pemkab Probolinggo total di atas Rp50 juta.

“Jadi harga satunya itu sekitar Rp1 juta lebih, kalau ditotal seluruhnya sepanjang jalur pantura Kota Kraksaan itu ada 57 tutup drainase yang hilang. Kasus ini masih akan kami kembangkan lagi, belum tentu juga pelaku yang terekam ini adalah yang mencuri semua tutup drainase,” tutur Sujianto.

Yang jelas, barang bukti (BB) berupa MPU dengan nopol N-721-UN, yang di dalamnya ada penutup drainase yang dicuri pelaku, sudah ditemukan dan diamankan di Kecamatan Pajarakan. Sementara sopir MPU diduga kabur.

“Saat ini BB semuanya yang ada di dalam video sudah ada di mapolsek. Untuk tutup drainase masih ada di dalam MPU. Kasus ini masih akan dikembangkan lagi, mengingat ada puluhan tutup drainase yang hilang sepanjang jalur pantura,” kata Sujianto.

Baca Juga  Cukai Rokok Naik, APTI Khawatir Rokok Ilegal Marak

Diketahui, video tentang pencurian penutup drainase berdurasi sekitar 46 detik itu tertanggal Kamis (6/1/2022) lalu sekitar pukul 1.26 WIB dan baru viral Rabu (12/1/2022) kemarin.

Dalam video tersebut, sopir MPU yang mengenakan kaos abu-abu dan celana pendek keluar dari kendaraannya. Setelah memperhatikan keadaan sekitar, ia lalu mengambil besi penutup drainase yang berada di trotoar depan sekolah MINU. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Hari ini, Hasan-Tantriana Jalani Sidang Perdana Kasus Jual-beli Jabatan

Sidoarjo,- Hari ini, Selasa (25/1/22), Bupati Probolinggo nonaktif Puput Tantriana Sari (PTS) dan suaminya, Hasan …