Pemecah Rekor Pra PON 2020 Itu Ingin Jadi TNI AL

Probolinggo – Kota Probolinggo memiliki banyak atlet olahraga berprestasi. Salah satunya, Mila Karmila, atlet lari berusia 21 tahun asal Kecamatan Kanigaran, yang merupakan atlet pelari tingkat nasional.

Meski punya sejumlah prestasi, atlet lulusan SMA Olahraga Sidoarjo ini gagal dalam memenuhi cita – citanya menjadi prajurit TNI AL.

Mila berdomisili di Jalan Kapuas, RT 3, RW 1, Kelurahan Curahgrinting, Kecamatan Kanigaran. Sejak dicoret tanpa adanya pemberitahuan, dari Pusat Latian Daerah (Puslatda) Malang, ia kembali bergabung dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Probolinggo.

Perempuan yang pernah mengenyam pendidikan di MTs Kota Probolinggo ini memiliki sejumlah prestasi yakni, pada lari 1.500 meter dan 3.000 meter halang rintang. Pada tahun 2019, ia memecahkan rekor di Pra PON 2020 dengan waktu 11.27 menit.

“Meski memecahkan rekor, tapi saya tidak masuk sebagai atlet yang akan bertanding di PON, namun saya tak berkecil hati, dan terus berlatih hingga saat ini,” ujar Mila saat di temui di rumahnya.

Kekecewaan Mila tak sampai di situ. Pada tahun 2021, ia juga dicoret dari Pemusatan Daerah (Puslatda) di Malang. Pencoretan Mila dari Puslatda tanpa disertai alasan, hanya saja Mila diberitahu bahwa ia dicoret.

Berbekal segudang prestasi yang dimiliki, pada Februari 2021 dan Juni 2021, Mila mencoba mengejar cita- citanya dengan mendaftar menjadi anggota TNI AL di Surabaya. Namun dua kali mendaftar ia gagal dengan alasan jantungnya tidak kuat.

“Pasca gagal tes pertama, sebelum tes kedua saya melakukan pemeriksaan, dan hasilnya jantung saya baik. Namun saat tes TNI AL kedua, saya kembali gagal karena jantung yang tidak kuat,” ujarnya.

Meski gagal untuk yang kedua kalinya, anak pertama dari Edy Hermanto (41), dan Sulastri Ningsih (40) tetap semangat dan berlatih. Tiap hari ia selalu berlatih di Stadion Bayuangga. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuannya dan ingin kembali terjun pada kejuaraan-kejuaraan tingkat provinsi dan tingkat nasional.

Baca Juga  Jelang Semipro, Pagar Stadion Bayuangga Dijebol Untuk Jalan Masuk

“Kegiatan saya saat ini berlatih, dan menunggu jika ada pendaftaran TNI AL, saya akan kembali mencoba mendaftarnya lagi,” imbuh Mila. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Libas Persetala 4-1, Persekabpas Juarai Grup N dan Melaju ke Babak 32 Besar Liga 3 Nasional

Pasuruan,- Persekabpas Kabupaten Pasuruan menutup babak penyisihan grup N Liga 3 Nasional dengan gemilang. Mereka …