Saat Pelukis Cilik, ‘Ngajar’ di Kampung Nelayan Kalibuntu

Kraksaan,- Ramai dan Riuh! Itulah keseruan yang nampak kala sejumlah seniman lukis cilik membuka sanggar lukis di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Minggu (26/12/21).

Keseruan bahkan sudah terlihat sejak sanggar yang dibuka sejak pukul 9.00 WIB itu belum dimulai. Puluhan anak didampingi sejumlah orang tuanya, berbondong-bondong mendatangi lokasi sanggar yang berada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) setempat.

Selanjutnya, dengan arahan para seniman cilik, anak-anak nelayan ini mulai belajar melukis menggunakan kertas dan pensil warna seadanya. Sebagian, memperhatikan dengan seksama rekan-rekannya melukis.

Para seniman cilik yang mengajar anak-anak kampung nelayan melukis ini, merupakan para pelukis dari Sanggar Warung Lukis Anak, yang terletak di Perumahan Semampir Indah 1, D16 Kraksaan.

“Ada 8 guru cilik pelukis sanggar warung lukis anak yang turun mengajar,” kata pemilik Sanggar Warung Lukis Anak Kraksaan, Indah Sari.

Melukis ‘On the Spot’ bersama pelukis cilik di kampung nelayan, menurut Indah Sari, bertujuan untuk mengisi masa liburan awal dengan kegiatan positif. Terlebih sebelumnya, anak-anak banyak berkutat dengan gadget selama pandemi Covid-19 terjadi.

“Anak-anak diajarkan untuk lebih percaya diri dan mengabdi untuk masyarakat, khususnya kepada teman-teman sebaya mereka. Biasanya selama korona itu kan pegangnya HP dan komputer, nah disini kita keluar dari kebiasaan, kembali ke masa kecilnya dimana mereka biasa bermain di pelabuhan khususnya di Kalibuntu,” tuturnya.

Hasil lukisan, imbuh Indah Sari, akan dikumpulkan untuk dipilih 10 karya terbaik. “Besok Februari, akan dipamerkan di Eco Farm Sumberlele,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Albafillah

 

 

Baca Juga  Covid-19 di Kabupaten Probolinggo Sasar Parlemen, Satu Anggota Dewan Positif

Baca Juga

Saat Presiden Jokowi Kagumi Sepatu Buatan Pemuda Pasuruan, Belinya di Mandalika

Beji,- Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dalam akun twitternya menggunggah sebuah foto ia sedang memakai …