Jelang Nataru, Sopir Bus Dites Urin

Probolinggo – Polres Probolinggo Kota (Polresta) melalui Satreskoba, Jumat pagi (24/12/21) menggelar tes urin bagi sopir bus. Tes urin bagi sopir bus di Terminal Bayuangga. Tes dilakukan menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru,), sehingga mereka dapat melayani penumpang secara aman.

Tes urin bagi sopir bus ini digelar di ruang tunggu penumpang. Setiap bus yang parkir, sopir langsung diarahkan ke tempat tes urin.

Setelah didata, sopir bus diminta urinnya yang kemudian dimasukkan ke gelas plastik. Kemudian alat Drug Abuse Test dimasukkan ke gelas berisi urin.

Dari sekitar 30 sopir bus yang dites, hasilnya tidak ada sopir yang mengkonsumsi zat narkotika.

Kasat Resnarkoba Polres Probolinggo Kota, Iptu Joko Murdiyanto mengatakan, tes urin merupakan upaya kontrol terhadap sopir bus agar selama membawa penumpang tidak mengonsumi narkotika.

“Tes urin ini juga dalam rangka mendukung Operasi Lilin Semeru. Dengan tes urin pengemudi dapat mengemudikan bus dengan aman, sehingga tidak ada kekawatiran penumpang,” ujarnya.

Tak hanya itu, diharapkan dengan tes urin dilakukan berkala tidak hanya saat libur Nataru.

“Kami akan terus melakukan tes urin kepada sopir bus ini secara periodik, sehingga dengan meningkatnya jumlah penumoang, keselamatannya dapat terjamin,” imbuh Joko.

Sementara, salah satu sopir bus, Nurdiyanto mengaku, antusias dapat mengikuti tes urin ini. Sehingga dapat diketahui sopir-dopir bus mana selama perjalanan yang mengonsumsi obat terlarang.

“Selama saya menjadi sopir, saya tidak pernah mengkonsumsi narkotika, sehingga selama saya membawa bus, alhamdulillah dapat membawa penumpang dengan selamat,” ujarnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Pulau Gili Belum Teraliri Listrik, Bupati Tantri 'Curhat' Kepada Kementerian ESDM

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …