Tuntut Gaji, Eks-Karyawan Kertas Leces Demo

Probolinggo – Ratusan eks-karyawan PT. Kertas Leces (PTKL) menggelar demo di depan pabrik PTKL, Kamis (23/12/2021). Mereka menuntut hak gaji dan pesangon yang hingga saat ini belum terbayarkan.

Dengan menggunakan pengeras suara, ratusan eks-karyawan ini menggelar demo. Dalam orasinya, para eks karyawan ini menuntut gaji dan pesangon yang hingga saat ini belum terbayarkan. Mereka yang tergabung dalam Serikat Karyawan (Sekar), dan Paguyuban Karyawan (Pakar) ini mengaku, telah tujuh tahun menunggu tanpa kejelasan.

Setelah melakukan orasi, lima orang perwakilan masuk untuk melakukan mediasi dengan perwakilan pemenang lelang. Dalam mediasi tersebut, selain meminta kejelasan terkait gaji, perwakilan eks karyawan ini juga meminta pemenang lelang untuk memperkerjakan eks karyawan.

“Saya meminta agar gaji dan pesangon sebanyak 1.800 karyawan baik yang tergabung dalam Sekar, Pakar, serta lainnya untuk segera dipenuhi. Sebab karyawan ini telah lama menanti selama tujuh tahun,” ujar Sekretaris Sekar, Muhammad Arham.

Selain melakukan aksi demo di depan eks PTKL, ratusan pendemo juga melakukan aksi di Exit Tol Probolinggo Timur. Sama seperti di depan pabrik, mereka berorasi meminta keadilan yakni hak mereka.

Selama demo yang berlangsung di Exit Tol Probolinggo Timur, ratusan karyawan ini mendapat penjagaan ketat dari petugas gabungan baik dari Polsek hingga Polres Probolinggo Kota. Selain itu, akibat demo ini, kendaraan yang melintas berjalan pelan, namun tak sampai membuat kemacetan.

“Minggu depan kita akan mendatangi sejumlah kantor kementerian, untuk memperjuangkan hak karyawan yakni gaji sebesar Rp 229 miliar yang secara keseluruhan belum terbayarkan,” imbuh Ahram

Sementara, terkait tuntutan karyawan yang telah disampaikan, perwakilan pemenang lelang, Zamroni, enggan berkomentar. Ia tidak mau menjawab pertanyaan sejumlah awak media. (*)

Baca Juga  Pedas! Harga Cabai Rawit di Kota Probolinggo Rp80 Ribu/Kg, Cabai Keriting Rp58 Ribu/Kg

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …