Jelang Nataru, Kapasitas Rutan Kraksaan Overload

KRAKSAAN,- Menjelang Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Rumah tahanan (Rutan) kelas II B Kraksaan mengalami over kapasitas hunian (overload). Hal itu berpengaruh terhadap kesehatan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di dalam Rutan.

Kepala Rutan kelas II B Kraksaan, Bambang Irawan mengatakan, minimnya personel dan tim medis Rutan Kraksaan membuat pihaknya melakukan kejeasama dengan pihak kesehatan setempat. Hal itu, sebagai antisipasi untuk kesehatan WBP.

Pihak Puskesmas, menurut Bambang, setiap minggu pasti mengontrol kesehatan secara bergantian terhadap para WBP. Hingga saat ini, kata dia, sudah ada sebanyak 380 WBP yang ada di Rutan, sehingga pihaknya tidak mau lengah untuk kesehatan WBP.

“Seminggu dua kali secara bergantian pasti harus mendatangkan pihak medis. Tim medis atau klinik ada. Hanya saja, kami juga meminta bantuan pihak puskesmas Kraksaan, karena memang kapasitas sudah overload,” kata Bambang, Kamis (23/12/2021).

Sementara itu, lanjut Bambang, pada para WBP yang dalam keadaan sakit, pihak nya menyiapkan ruangan khusus di klinik Rutan sebagai upaya proses penyembuhan. Selain itu, setiap paginya para WBP seluruhnya diwajibkan mengikuti olahraga.

“Maksimal kapasitasnya 304 orang dengan sekitar 26 kamar yang ada didalam. Di sini masih mending, bahkan ada Rutan yang lebih dari 300 persen over loadnya. Jadi ketika overload seperti sekarang, setiap kamar para WBP diisi dengan jumlah yang tidak sama,” ujar Bambang.

Dari 26 kamar yang dihuni oleh para napi dan tahanan, sambung Bambang, tiap kamar memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Ada sebanyak empat kamar berukuran besar sehingga masih bisa menampung para WBP dan satu kamar adalah kamar warga binaan perempuan.

“Untuk kamar yang besar, bisa menampung 40 orang. Namun di sini dihuni lebih dari itu karena masih cukup jika diisi lebih. Begitu pula kamar lainnya jadi tidak sesuai dengan kapasitasnya. Kami juga tidak bisa menolak tahanan dari lapas atau rutan lain, karena yang lain bahkan jumlah WBP lebih banyak daripada kita,” katanya. (*)

Baca Juga  Sah! Plasi Bawang Merah Disepakati 7,5 Persen per Kwintal

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : ALbafillah

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …