Asyik! Wisata Bromo via Pasuruan juga Dibuka

PASURUAN,- Kawasan Wisata Gunung Bromo resmi dibuka kembali mulai hari ini, Selasa (30/11). Kabar ini tertuang dalam surat pengumuman yang dirilis Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) tentang objek dan daya tarik wisata alam di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sudah dapat dikunjungi.

Seluruh pintu masuk menuju kawasan wisata Bromo dibuka untuk wisatawan. Mulai dari pintu masuk via Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Malang, hingga Lumajang.

Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Sarif Hidayat membenarkan informasi terkait pembukaan kembali objek wisata Bromo. Hal ini didukung dengan adanya surat pemberitahuan yang diluncurkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

“Ya benar wisata Bromo Tengger sudah di buka, karena wilayah sekitar Bromo sudah level 2, hal ini juga dibuktikan dengan adanya surat edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” ujar Sarif.

Ia menambahkan, kawasan wisata itu Bromo akan dibuka hingga evaluasi PPKM pada tanggal 13 Desember 2021. Namum, untuk kelanjutan dibuka tidaknya wisata ini, masih menunggu hasil evaluasi dari pemerintah pusat.

“Wisata Bromo Tengger ini buka hingga 13 Desember 2021. Selanjutnya akan dilihat lagi hasil evaluasi PPKM dari pusat, ” imbuhnya.

Berdasarkan Immendagri no 63 tahun 2021 Tanggal 29 November 2021 tentang pemberlakukan PPKM di Jawa Bali, 3 kabupaten di sekitar wisata bromo sudah turun ke PPKM level 2.

Meliputi Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang. Sementara Kabupaten Malang sebelumnya sudah terlebih dahulu masuk ke PPKM Level 2.

Dalam surat edaran Balai Besar TNBTS menyatakan, jika pihaknya tetap membatasi jumlah kapasitas pengunjung kawasan Wisata Bromo hanya sebanyak 25 persen dari kapasitas normal.

Baca Juga  Bekas Warung Makan Jadi Pusat Pengembangan Dugaan Aliran Sesat di Pasuruan

“Tak hanya, itu pengunjung juga harus menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” wanti Sarif.

Para pengunjung yang ingin berwisata ke Gunung Bromo juga diwajibkan untuk melakukan booking secara online terlebih dahulu melalui situs www.bookingbromo.bromotenggersemeru.org. (*)


Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …