Dua Kali Ditunda, Seizin Satgas Provinsi, Porkab VII Digelar

PROBOLINGGO,- Sempat diundur dua kali, Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Probolinggo akhirnya bisa dilaksanakan. Porkab dibuka di Gedung Sasana Krida, Kota Kraksaan, Senin (29/11/2021) dengan keamanan dan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo, Sugeng Nurfindarko mengatakan, Porkab sebelumnya dijadwalkan Oktober 2021 lalu. Itu setelah KONI mendapatkan izin dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur.

“Karena pada rencana sebelumnya yang sempat diundur lantaran PPKM masih di Level 3, jadi kami pengurus KONI Probolinggo meminta izin kepada Satgas Provinsi Jawa Timur dan alhamdulilah direstui untuk dilaksanakan dengan catatan tertentu,” kata Sugeng.

Porkab 2021 ini, lanjut Sugeng, melibatkan 1.628 atlet perwakilan dari 14 cabang olahraga (cabor) telah melaksanakan vaksinasi. Selain itu, pertandingan masing-masing cabor nantinya tidak menyertakan penonton.

“Tetap, prokes ketat kami berlakukan, salah satunya dengan menyediakan peduli lindungi. Kalau untuk penonton tidak kami perkenankan kecuali dari tamu-tamu undangan tertentu. Salain itu, para atlet yang tidak bertanding, juga kami larang datang,” tutur Sugeng.

Sementara itu, Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, untuk menjaga keamanan, pihaknya melibatkan personel di setiap lokasi perlombaan dan telah berkoordinasi dengan setiap polsek untuk turut membantu pengamanan di setiap perlombaan.

“Sebagai pengamanan kami juga turunkan personel di setiap lokasi even digelar. Meskipun dalam pelaksanaannya tidak melibatkan para penonton, tapi hal ini sebagai antisipasi terjadi hal tidak diinginkan bersama, sehingga Porkab terlaksana dengan lancar,” ujar Arsya.

Selain pengamanan kamtibmas, lanjut Arsya, pihaknya juga turut terlibat pemantauan penerapan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung. Sebab, pihaknya juga tak menginginkan adanya klaster baru dari pelaksanaan porkab tersebut.

Baca Juga  Sebulan PJJ, Senin Mendatang Siswa Mulai PTM

“Semoga sukses pelaksanaannya dan tentunya dapat menghasilkan atlet-atlet yang berkualitas dan berprestasi dari putra daerah. Sehingga nantinya bisa membawa nama baik daerah di ajang kompetisi yang lebih bergengsi sehingga bisa mengharumkan nama daerah,” katanya. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Libas Persetala 4-1, Persekabpas Juarai Grup N dan Melaju ke Babak 32 Besar Liga 3 Nasional

Pasuruan,- Persekabpas Kabupaten Pasuruan menutup babak penyisihan grup N Liga 3 Nasional dengan gemilang. Mereka …