Musim Hujan, Harga Garam Tembus Rp 1 Juta per Ton

KRAKSAAN,- Memasuki musim hujan, dalam sepekan terakhir, harga garam di Kabupaten Probolinggo naik. Bahkan, saat ini petani garam setempat bisa menjual garam dengan harga Rp1 juta per ton.

Ketua Kelompok Petani Garam, Suparyono mengatakan, naiknya harga jual garam ini tentu menyenangkan petani di Kabupaten Probolinggo. Sebab, sangat jarang, harga garam bisa mencapai Rp 1 juta per ton dalam beberapa tahun terakhir.

“Terakhir harga garam yang mencapai Rp 1 juta itu kalau tidak salah 2017 lalu. Dan baru sekitar 10 hari terakhir harganya kembali bisa tembus Rp 1 juta. Alhamdulillah, meski kerap hujan tapi itu tidak berdampak kepada garam di harga yang fantastis,” kata Suparyono, Selasa (23/11/2021).

Pria asal Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan ini meyakini, tingginya harga garam ini merupakan dampak dari datangnya musim hujan. Banyak petani garam yang tidak lagi bisa memproduksi garam lantaran sering turunnya hujan.

“Untungnya, sulitnya produksi garam ini dibarengi dengan harga garam yang tinggi. Beda dengan tahun lalu, sudah musim hujan, garam tetap saja murah. Karena memang salah satu kendala besar untuk petani garam ya musim hujan ini,” tutur Suparyono.

Sulitnya produksi garam saat musim hujan, lanjut Suparyono, membuat para petani kewalahan untuk memenuhi kebutuhan pasar di daerah tapal kuda. Bahkan, pihaknya saja hanya mampu memproduksi garam maksimal 2,5 ton per pekannya.

Bahkan, sambung dia, petani garam dari Madura yang ikut berjualan di daerah tapal kuda juga tidak mampu memenuhi tingginya kebutuhan pasar. Hal itu membuat petani garam mengurangi stok penjualannya untuk masing-masing pedagang yang ada.

“Kondisi di Madura sama saja dengan di sini, produksinya sulit. Akhirnya untuk memenuhi kebutuhan di daerah Kabupaten Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bondowoso, hingga di Situbondo kewalahan, jadi harganya fantastis,” ujar Suparyono.

Baca Juga  Harga Cabai dan Bawang Merah Meroket di Kota Pasuruan, Efek Musim Hujan?

Sementara itu, Kabid Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo, Hari Pur Sulistiono mengatakan, musim hujan memang merupakan kendala utama petani garam untuk melakukan produksi. Sehingga, harga jual garam di pasaran naik.

“Di saat produksinya sulit, permintaan pasar tidak mengalami perubahan tinggi tidak hanya di Kabupaten Probolinggo saja, tapi juga di daerah lainnya di tapal kuda, jadi akibatnya harganya naik,” terang Hari. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Budidaya Kambing Ras Senduro Lumajang, Hobi yang jadi Bisnis Menggiurkan

Lumajang,- Kawasan lereng Semeru Lumajang, tak hanya memiliki kekayaan alam melimpah. Disamping itu, juga memiliki …