Lokasi Temuan Arca Akan Jadi Destinasi Wisata

GADING,- Penemuan tiga arca monyet di Dusun Bendungan, Desa Kaliacar, Kecamatan Gading beberapa waktu lalu mendapatkan respon cukup positif dari pemerintah desa (pemdes) setempat. Rencananya, lokasi penemuan arca kuno itu akan dikembangkan menjadi tempat wisata.

Bendahara Desa Kaliacar, Syamsul Arifin mengatakan, lokasi penemuan arca tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai lokasi wisata. Sebab lokasi penemuan arca tersebut cukup mapan untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata.

Di bagian selatan, kata Syamsul, pengunjung bisa menikmati pegunungan Argopuro. Di sisi timur, ada lahan Perhutani yang ditumbuhi ribuan pepohonan, sehingga membuat udara di sekitar lokasi menjadi sejuk.

Di sisi barat, ada Kali Rondoningo yang airnya cukup segar.

“Airnya cukup segar karena bersumber langsung dari pegunungan Argopuro. Selain itu, batu besar yang ada di aliran sungai, menambah keindahan alam sekitar. Jadi inisiatif kami, lokasi penemuan tiga arca itu bisa dijadikan lahan wisata,” kata Syamsul, Selasa (23/11/2021).

Dengan penemuan tiga arca kera itu, menurut Syamsul, tidak menutup kemungkinan di lokasi tersebut masih ada beberapa benda lain yang juga berasal dari masa lalu. Sehingga tidak menutup kemungkianan, lokasi tersebut bukan hanya destinasi siwata alam, juga wisata sejarah.

Selain itu, lanjut Syamsul, akses jalan menuju ke lokasi penemuan arca sangat mendukung. Dengan jalan yang mulus, pengujung tidak akan kesulitan menuju ke lokasi baik dari Kecamatan Kraksaan dan Gading sampai di pertigaan Desa Wangkal.

“Dari pertigaan ini, lokasi penemuannya sudah kurang lebih 5 kilometer kearah barat. Barangkali di lokasi penemuannya masih ada benda lain, kan bagus untuk dijadikan tempat wisata sejarah. Banyak faktor-faktor pendukung lainnya” ujar Syamsul.

Jika nantinya destinasi wisata tersebut dapat terwujud, tentu hal itu bisa menunjang kemajuan perekonomian desa. Sebab, jika sudah ada wisatawan yang berkunjung, tentu hal itu dapat dimanfaatkan oleh warga setempat membuka lapak jualan.

Baca Juga  Gandeng Australia, Pemkab Benahi Jalan Tongas-Bromo

“Kembali lagi ke peningkatan kesejahteraan warga. Karena rata-rata kemajuan perekonomian warga meningkat itu karena faktor di daerah itu sendiri ada destinasi wisatanya. Jadi kalau hal ini terwujud, insyaallah jadi udara segar bagi warga sekitar,” tutur dia. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …