Budidaya Labu Madu, Warga Kebonsari Kulon Raup Puluhan Juta

Probolinggo – Seorang petani di Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Hasan Prasojo (40), membudidayakan labu madu. Bekerja sama dengan salah satu kelompok kerja untuk pemasok bibit, Hasan berhasil membudidayakan buah yang menjadi komoditas ekspor ini.

Sejak dua bulan yang lalu, Hasan menanam labu madu di sawah seluas 2.500 meter persegi, di Jalan Priksan, Kelurahan Kebonsari Kulon. Di lahan sewa tersebut, Hasan menanam 2.000 bibit labu madu.

Tanaman dengan nama Latin Curcubita Moschata ini berhasil ia budi dayakan. Bermodal pengalamannya menanam berbagai tanaman buah sebelumnya, tanamn yang rentan hama ini tumbuh subur.

“Untuk biaya produksi dalam tiga bulan atau sekali panen, dibutuhkan sekitar Rp12 juta. Biaya itu untuk mulai bibit, pupuk, perawatan tiap hari, hingga biaya pekerja. Meski terbilang mahal, namun buah yang dihasilkan lumayan menggiurkan,” ujar Hasan.

Sebatang tanaman dapat menghasilkan tiga hingga lima buah labu madu. Berat setiap buah rata-rata 800 gram hingga 1,3 kilogram. Namun jika ditotal sebatang tanaman dapat menghasilkan 3 Kg. Sehinggga dengan menanam 2.500 tanaman maka petani bisa memanen 6 -7 ton labu madu.

Tak hanya itu, untuk harga labu madu per kilonya saat ini mencapai Rp10 ribu, dan jika dikalikan dengan hasil panen, Hasan dapat meraup hingga Rp60 juta.

Meski terlihat mudah, namun pertumbuhan tanaman labu madu tak semudah yang dibayangkan. Pasalnya selama masa pertumbuhan, tanaman ini kerap diserang hama dan penyakit (virus). Hama sejenis kupu-kupu kecil berwarna putih sering hingga hinggap. Sedangkan virus Gemini membuat daun mengeriting.

Selain untuk pasar lokal, yang dijual di supermarket, labu madu ini sebagian besar untuk pasar ekspor. Pasar ekspornya diantaranya, Belanda dan Korea.

Baca Juga  Harga Ayam Potong Mendekati Rp 50 Ribu/Kg

“Selain harganya menarik, kasiat labu madu ini yakni baik untuk ibu menyusui, kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B, Bethakaroten, dan antioksidan,” imbuh Hasan. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …