Bumbu dan Sayur Turun, Daging Ayam Broiler Naik

Probolinggo – Sejak beberapa minggu terakhir, harga komoditas bumbu dapur di Pasar Baru, Kota Probolinggo turun drastis. Turunnya harga bumbu salah satunya, karena beberapa komoditas tersebut sedang panen raya di Probolinggo.

Dari pantauan PANTURA7.com, komoditas yang harganya turun di antaranya, tomat. Harga tomat saat ini mencapai Rp3.500-5.000 ribu per kilogram (Kg). Sebelumnya, tomat Rp22.000 per Kg.

Cabai rawit turun menjadi Rp14.000 per Kg padahal sebelumnya tembus Rp50.000 per Kg.

Sementara komoditas sayur-mayur seperti, kubis yang sebelumnya Rp10.000 turun menjad Rp8.000 per Kg. Turunnya harga kubis karena di Probolinggo sedang panen, belum lagi pasokan kubis dari luar daerah.

“Turunnya harga komoditas ini terjadi sejak beberapa minggu yang lalu secara bertahap. Turunnya harga dibarengi dengan meningkatnya pembelian konsumen,” ujar salah satu pedagang asal Kebonsari Kulon, Kholifah.

Hal senada disampaikan pedagang lain, Fifi, yang menyebut turunnya harga komoditas tersebut karena sedang panen raya di Probolinggo. Sehingga stok cabai dan tomat melimpah.

“Alhamdulillah, saat harga sejumlah komoditas ini turun, pembeli juga banyak. Diperkirakan harga komoditas ini akan tetap, lantaran masih banyaknya stok ,” ujarnya.

Sementara harga daging ayam potong (broiler) yang sebelumnya Rp30.000 naik menjadi Rp34.000 per Kg.

“Sejak Maulid Nabi, harga daging ayam mulai merangkak naik, biasanya naiknya harga ayam ini sebelum perayaan Maulid Nabi. Selain itu, stok di distributor juga banyak yang biasanya harga daging ayam turun,” ujar Bawon, pedagang ayam. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Okupansi Hotel Kawasan Bromo Diprediksi Meningkat saat Libur Nataru

Baca Juga

Bawang Merah Probolinggo Tersisih di Kalimantan, Ternyata ini Sebabnya?

Probolinggo,- Bawang merah asal Probolinggo dan sejumlah daerah di Jawa dikabarkan tidak bisa masuk ke Kalimantan …