Pasar Nguling Terbakar, Polisi: Api dari Konsleting Listrik

PASURUAN,- Kebakaran yang melanda Pasar Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan pada Kamis (7/10/2021) petang, menghanguskan ratusan kios dan 9 los. Kerugian, ditaksir mencapai milyaran rupiah.

Kordinator Pasar Nguling, Sugiarto. menjelaskan, di pasar tradisional itu ada 375 kios dan 247 los, sehingga keseluruhan mencapai 622 titik. Adapun yang terdampak, 217 kios dan 9 los yang ditempati oleh 90 pedagang.

“Data kios dan los yang terbakar itu merupakan data sementara, kemungkinan bisa bertambah,” ujar Sugiarto.

Para pedagang yang menempati los dan kios yang terbakar, menjual aneka kebutuhan dasar warga. Seperti toko perancangan, barang pecah belah pakaian jadi hingga perhiasan emas.

Sugiarto menjelaskan, kerugian akibat musibah itu diperkirakan sekitar Rp 2,7 milyar. “Ini perkiraan dari kerusakan kios dan los itu, ini belum kerugian pedagang,” jelasnya.

Sugiarto menambahkan, dugaan awal kejadian itu, berasal dari tengah pasar. Saat itu, kios-kios yang ada sedang tutup karena pemiliknya sudah pulang setelah sejak pagi hingga siang berjualan.

“Kami langsung melakukan upaya, tetapi ternyata tidak bisa. Angin yang kencang membuat api cepat membesar dan langsung menyebar,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolsek Nguling AKP Zudianto menyebut, berdasarkan hasil penyelidikan sementara diduga kuat kebakaran terjadi karena disebabkan konsleting arus pendek listrik.

“Ada percikan api, diduga terjadi konsleting arus pendek listrik. Korban jiwa tidak ada, sementara masih kita kembangkan penyelidikan,” papar Zudianto. (*)

 

Editor : Efendi Muhammad
Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  Tergerus Banjir, Plengsengan Sungai Kedunglarangan Ambrol

Baca Juga

Mandi di Sungai, Bocah di Purwosari Pasuruan Ditemukan tak Bernyawa

Pasuruan,- Bocah berusia 7 tahun, D-E-R-K, ditemukan meninggal dunia akibat diduga tenggelam di Sungai Babatan, …