Pikap Hantam Truk Parkir, Warga Kejugan Tewas

TONGAS,- Abdul Basir (36), tewas dengan cara mengenaskan. Nyawanya tidak tertolong pasca mengalami kecelakaan lalu lintas di jalan raya Desa Curahtulis, Kecamatan Tongas, Senin dinihari (4/10/21).

Informasi yang dihimpun PANTURA7.com di tempat kejadian perkara (TKP), petaka bermula saat Mitsubishi L300 yang disopiri Rudiyanto, warga Dusun Rambuko’ong, Desa Brumbungan Kidul, Kecamatan Maron, melaju dari arah barat ke timur.

Selain Rudiyanto (35), kendaraan bak terbuka dengan nomor polisi (nopol) N 8542 NL itu, juga ditumpangi keponakannya Rivaldi Virgo Agustiawan (18) dan temannya, Abdul Basir, warga Dusun Sukun, Desa Gejugan, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo.

Tukang parkir warung di sekitar lokasi kejadian, Senedi (41) menjelaskan, sebelum kecelakaan pikap warna hitam itu hendak menyalip kendaraan didepannya dari lajur kanan. Namun karena ruang salip sempit, sopir beralih menyalip dari sisi kiri.

Tampaknya, Rudiyanto tidak memperhatikan truk berplat L 9157 UM, yang 30 sebelumnya sudah parkir di tepi jalan untuk istirahat. Kendaraan besar itu disopiri Gaguk Yulianto (42), warga Kelurahan Asemjaya, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya.

“Saat menyalip dari jalur kiri, mungkin sopir pikap kurang konsentrasi sehingga menabrak bagian belakang truk parkir yang berada di bahu jalan sebelah kiri,” terang Senidi.

Tabrakan pun tidak terhindarkan, bahkan saking kerasnya hamtaman membuat bagian depa piikat ringsek. Nahas, Abdul Basir yang duduk di kursi sebelah kiri, terjepit kokpit kendaraan sehingga nyawanya tidak tertolong.

“Setelah lebih 30 menit, korban meninggal akhirnya bisa dievakuasi dengan bantuan truk derek. Sedangkan sopir pikap dan satu penumpang satunya, dibawa ke RSUD Tongas, lukanya parah juga,” imbuh Senedi.

Petugas Unit Laka Lantas Satlantas Polres Probolinggo Kota, Bripka Yeri Mugiarto menyebut, berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan keterangan sejumlah saksi, petaka terjadi karena sopir pikap kurang berhati-hati.

Baca Juga  Dua 'Traffic Light' Mati, Lalu Lintas Tak Beraturan

“Dari keterangan saksi sementara, pikap dengan kecepatan tinggi hendak menyalip kendaraan dari arah kiri, namun tidak nututi dan justruk menabrak truk parkir,” ujar Yeri.

Dijelaskannya, kendaraan pikap yang terlibat kecelakaan sudah dipindah dari badan jalan agar tidak menyebabkan kemacetan.  “Untuk penyebab pasti kecelakaan, masih kita selidiki,” pungkas Yeri. (*)

 

Editor: Efendi Muhamad

Publisher: A. Zainullah FT

 

 

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …