Gegara Covid-19, 59 Anak di Kota Probolinggo jadi Yatim-piatu

MAYANGAN,- Wabah Covid-19 membuat banyak orang kehilangan anggota keluarga, termasuk kehilangan orang tua. Berdasarkan pendataan Polres Probolinggo Kota, sedikitnya 59 anak di wilayah setempat menjadi yatim piatu selama masa pandemi.

Guna meringankan beban hidup puluhan anak malang ini, sejumlah anggota Satlantas Polres Probolinggo Kota pun berinisiatif menjadi orang tua asuh.

Selama menjadi orang tua asuh, anggota kepolisian akan membantu biaya hidup sehari-hari hingga anggaran pendidikan yang dibutuhkan para anak asuhnya.

Sebagai langkah awal, 59 anak yatim itu dihadiahi bingkisan oleh petugas kepolisian. Selain itu, mereka diangkat sebagai anak asuh secara simbolis di Aula Polres Probolinggo Kota, Jum’at (17/9/21).

“(Saya minta) anggota Satlantas yang menjadi orang tua asuh agar sepenuh hati menjaga dan merawat anak yatim ini. Aehingga anak yatim yang orang tuanya meninggal ini dapat terjamin hidupnya,” kata Kapolres Probolinggo Kota, AKBP R. Muhammad Jauhari.

Selain sembako, secara berkelanjutan yatim piatu yang menjadi anak asuh akan bantu segala kebutuhannya oleh para orang tua asuhnya. Dengan demikian, mereka tetap akan terpenuhi kebutuhannya meski sudah tidak mempunyai orang tua kandung.

“Jumlah anak yatim yang diasuh anggota ini bisa bertambah, tentunya sesuai data dari Dinas Sosial Kota Probolinggo serta memperhatikan fakta di lapangan,” imbuh Kapolres Jauhari.

Isak tangis dan haru pun pecah saat para anak yatim mendapat bingkisan dari kepolisian. Mereka tak dapat menahan bahagia mendapati banyak orang yang masih peduli dengan nasibnya pasca ditinggal ayah dan ibunya.

“Saya berterima kasih kepada orang tua asuh saya, yang dengan ikhlas mau menjadi orang tua asuh. Dengan adanya orang tua asuh ini, tentu ayas akan lebih semangat belajar,” tandas salah satu anak yatim-piatu, Maysaroh. (*)

Baca Juga  Dua Sejoli Tewas Tertabrak Pikap Sepulangnya dari Bromo

Editor : Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Tebing Piket Nol Kembali Longsor, Jalur Lumajang – Malang Kembali Ditutup

Lumajang,- Jalur Piket Nol di KM 54 Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang kembali ditutup. …