RSUD Dilengkapi Instalasi Liquid Oxygen

PROBOLINGGO,- RSUD dr. Moh. Saleh, Kota Probolinggo kini memiliki instalasi oksigen cair (liquid oxygen). Instalasi oksigen cair senilai Rp300 juta itu diresmikan Walikota Hadi Zainal Abidin, Kamis (3/09/21).

Instalasi oksigen ini nantinya tidak hanya digunakan untuk pasien Covid-19, juga untuk pasien lain.

Plt Direktur RSUD dr. Moh. Saleh, dr. Abraar HS. Kuddah SpB mengatakan, penggunaan instalasi liquid oxygen ini untuk menggantikan distribusi oksigen yang sebelumnya menggunakan tabung. Pertimbangan lain, penggunaan tangki liquid oxygen ini dapat menciptakan green economic dan green logistic.

“Kapasitas tanki liquid oxygen ini 11 ton, dan oksigen ini disalurkan ke sejumlah ruangan, beberapa di antaranya ruang ICU, UGD, serta suang isolasi,” ujarnya.

Instalasi liquid oxygen yang telah beroperasi ini bekerja sama dengan PT. Candi Surya Gas. Perusahaan yang berkantor di Surabaya itu yang memasok liquid oxygen.

Meskipun sudah ada instalasi liquid oxygen, RSUD dr. Moh. Saleh tetap menyediakan tabung oksigen untuk cadangan.

“Liquid Oxygen ini lebih baik untuk pasien karena kualitasnya baik, dan ke depan kita akan bekerja sama lagi dengan PT. Candi Surya Gas untuk pemasangan 10 tititk, sehingga seluruh kelas ruangan di rumah sakit dapat dialiri oksigen ini”, kata dr. Abraar.

Sementara walikota mengatakan, liquid oxygen cukup efisien sehingga tidak perlu mobilitas yang tinggi untuk membawa oksigen ke pasien yang dirawat.

“Pembangunan instalasi tanki liquid oxygen ini menggunakan dana refocusing, sehingga, ke depan dalam penanganan pasien dapat dilakukan dengan cepat,” katanya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: a. Zainullah FT

Baca Juga  Selesai Direvitalisasi, DKUP Segera Masukkan Pedagang ke Dalam Pasar Baru 

Baca Juga

Maaf! Tidak Ada WFH di Pemkot Probolinggo, ASN Wajib Ngantor

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo memutuskan untuk tidak menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Seluruh …