Jadi Biang OTT KPK, Penunjukan 252 Pj Kades Dikebut

PROBOLINGGO,- Pasca ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Probolinggo, Wakil Bupati Timbul Prihandjoko, melakukan tugas dinas pertamanya. Timbul memimpin rapat zoom Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dengan Kementerian Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) RI, Rabu (1/9/21) sore.

Dalam rapat di rumah dinas bupati Probolinggo itu, Timbul didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Rapat online itu membahas keberlangsungan Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Sebelum pelaksanaan zoom meeting ini, sejumlah OPD sudah bertemu dengan saya, bahkan sebelum saya ditunjuk (sebagai Plt. bupati), saya sempat menggelar rapat. Namun tentunya, kita yang ada di pemerintahan daerah terus melayani masyarakat,” ujar Timbul.

Timbul berpesan, kasus hukum yang menimpa bupati dan tiga anak buahnya, tidak membuat para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Probolinggo pecah konsentrasi ataupun menunjukkan respon yang berlebihan.

“Harus tetap fokus bekerja, terutama dalam penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Probolinggo. Sehingga kasus Covid-19 tidak lagi tinggi,” pinta politisi asal Kecamatan Maron ini.

Ia lantas mengimbau, seluruh ASN di Pemkab Probolinggo ikut mendoakan agar bupati dan teman ASN yang terjerat kasus hukum tegar menghadap persoalan ini. “Semoga yang saat ini menghadapi persoalan, diberi ketabahan dan kesehatan,” imbuhnya.

Sementara, saat ditanya wartawan soal penjabat (Pj) kepala desa (Kades) di 252 desa yang saat ini mengalami kekosongan, Timbul menyebut, Pemkab Probolinggo tengah dalam proses penggodokan.

“Akan segera metunjuk, yang pasti Pj kades tersebut merupakan ASN. (Targetnya), pada tanggal 9 September ini sudah ada Pj kades yang mengisi (desa-desa yang kosong),” ungkapnya.

Timbul ditunjuk menjadi Plt. Bupati Probolinggo setelah bupati Puput Tantriana Sari terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (30/8/21) dini hari. Penangkapan itu dipicu jual-beli jabatan Pj kades, yang memiliki mahar Rp20 juta dan upeti tanah.

Baca Juga  Malam Tahun Baru Alun-alun Ditutup, Satlantas Bantu PKL

Timbul menjadi Plt. Bupati Probolinggo melalui Surat Perintah Tugas (SPT), yang diberikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Selasa (31/8/21) di Istana Negara Grahadi, Surabaya. (*)

 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Pemkot Probolinggo Belum Mulai Lelang Barang dan Jasa, Terkendala Hal ini

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo hingga triwulan pertama ini belum melakukan tender pengadaan barang dan …